Articles

Dapat Bonus Akhir Tahun, Gimana Cara Ngaturnya?

ZAPFriends, bagi banyak karyawan di Indonesia, akhir tahun identik dengan penantian penghasilan bonus dari perusahaan tempatnya bekerja. Bonus akhir tahun adalah penghasilan yang bersifat tidak rutin yang mungkin hanya diperoleh satu kali dalam setahun bekerja. Apabila ternyata perusahaan tempat ZAPFriends bekerja juga membagikan bonus, maka berikut ini kiat pengelolaan yang ideal sesuai rencana keuangan. Ini dia financial checklistnya:

Pertama, pembayaran kewajiban utama. ZAPFriends, minZ mau mengingatkan untuk menyisihkan bonus untuk kewajiban agama seperti zakat mau pun parpuluhan tentunya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bonus untuk melunasi tunggakan pajak atau kewajiban lain yang tertunda.

Yang kedua, melunasi utang konsumtif. Dengan kemajuan teknologi, setiap orang menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman. Berbagai keinginan seperti membeli tiket liburan, belanja online, dan berbagai pembelian konsumtif sayangnya banyak didanai dengan berutang. Dengan biaya pinjaman serta administrasi yang cukup tinggi (yaitu diatas 10% per tahun), maka saat memperoleh tambahan penghasilan dapat dialokasikan untuk pelunasan. 

Ketiga, membentuk dana darurat. Dalam kehidupan rumah tangga, mempersiapkan dana untuk kebutuhan tak terduga sangat penting untuk dilakukan. Kebutuhan tak terduga dan bersifat mendesak seperti musibah, memberi bantuan saudara, atau sekedar memperbaiki tempat tinggal membutuhkan dana tunai yang segera. Untuk dana darurat sebaiknya ZAPFriends tempatkan dalam bentuk tabungan agar mudah dicairkan menjadi tunai serta tidak memiliki risiko turun nilainya. 

Keempat, investasi sesuai dengan rencana keuangan. Bonus akhir tahun dapat dialokasikan untuk menambah saldo target dana untuk beberapa tujuan keuangan keluarga. Jika Anda masih lajang, maka dana pensiun menjadi prioritas utama alokasi investasi. Sedangkan, jika Anda sudah berkeluarga, maka dana pendidikan anak baru kemudian dana pensiun dapat diurutkan dalam skala prioritas. 

Kelima, bersenang-senang. Jangan lupa juga bahwa usaha dan kerja keras tetap wajib untuk dinikmati oleh setiap orang dan keluarganya. Wisata ibadah mau pun wisata ke lokasi yang indah dapat menjadi pilihan untuk melepas kejenuhan serta tekanan pada masa sebelumnya. Disiplin dan pengendalian diri sebaiknya dilakukan agar ZAPFriends hanya menggunakan bonus yang telah dianggarkan untuk kegiatan senang-senang ini. 

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Keuangan Saat Pasangan Berhenti Kerja
2021-02-16 08:49
Keuangan Saat Pasangan Berhenti Kerja
Selengkapnya
Articles Rencana Keuangan dalam Siklus Kehidupan
2021-01-12 07:45
Rencana Keuangan dalam Siklus Kehidupan
Selengkapnya
Articles Utangku Sehat Nggak Ya?
2020-12-16 05:49
Utangku Sehat Nggak Ya?
Selengkapnya