Articles

Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed

#ZAPFriends, pernikahan adalah sebagian dari ibadah. Dengan menikah, artinya #ZAPFriends sudah memulai lembar kehidupan baru, yang juga membutuhkan penyesuaian-penyesuaian, terutama di bidang finansial. Keuangan yang dahulu adalah untuk kebutuhan pribadi, sekarang menjadi kebutuhan bersama.

Untuk menghindari terjadinya bocor halus bagi pasangan yang baru menikah, berikut adalah checklistnya:

1. Membeli rumah di luar kemampuan finansial.

#ZAPFriends, memulai keluarga baru memang membuat Anda penuh dengan ide-ide yang baru yang kesemuanya menyenangkan. Tapi belum tentu ide-ide yang penuh semangat itu akan cocok dengan isi dompet Anda. Salah satunya adalah dengan buru-buru mencari tempat tinggal baru. Saat memutuskan untuk membeli rumah, kita harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial kita, punya DP 30% dan cicil hanya 30% dari penghasilan.

2. Keinginan untuk mencicil isi rumah.

Bocor halus terbesar yang mungkin terjadi adalah keinginan untuk mencicil isi rumah, padahal rumah atau tempat tinggalnya belum ada. Mulai dari pernak pernik lucu seperti lilin, hiasan dinding, bed cover, mat alas kaki, dan lain-lain. Oleh sebab itu, tahanlah diri Anda untuk membeli hal-hal ini, walau Anda sudah memiliki bayangan tentang tempat tinggal seperti apa yang Anda inginkan.

3. Pemberian untuk orangtua.

#ZAPFriends, sebenarnya pemberian untuk orangtua selalu bisa disesuaikan. Jangan karena #ZAPFriends ingin berbakti pada orangtua, sehingga malah terlalu mengorbankan diri sendiri, sementara sebenarnya masih banyak kebutuhan Anda yang menunggu sebagai pengantin baru. Bicarakan dengan pasangan, dan utarakan kepada orangtua. Sebagai pasangan yang baru memulai keluarga baru, #ZAPFriends sendiri membutuhkan banyak sekali pengeluaran, dan masih membutuhkan penyesuaian-penyesuaian.

4. Gaya hidup.

Salah satu yang menjadi bocor halus terbesar adalah gaya hidup. Hobby makan diluar, atau membeli kebutuhan rumah tangga dengan juga menyertakan cemilan, dan makanan-makanan kesukaan seringkali malah menjadi penyebab pengeluaran yang membengkak. Makan di luar memang sesekali boleh, namun sebaiknya dibuat pos-pos pengeluaran dan alokasi yang tepat, agar #ZAPFriends tidak berlebihan dalam membuat pengeluaran bulanan.

Live a Beautiful Life! #BelajarBarengZAPFinance

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Masalah Keuangan Fresh Graduate
2021-08-24 09:30
Masalah Keuangan Fresh Graduate
Selengkapnya
Articles Investasi dan Risikonya
2021-08-22 10:00
Investasi dan Risikonya
Selengkapnya
Articles Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
2021-08-15 09:30
Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
Selengkapnya