Articles

Checklist Evaluasi Keuangan Akhir Tahun

ZAPFriends, wah tidak terasa ya kita sudah di penghujung akhir tahun. Akhir tahun adalah momen yang sangat baik untuk melakukan refleksi terhadap pencapaian selama setahun. Berbagai tujuan keuangan yang ditetapkan di awal tahun 2020 perlu dievaluasi lagi nih apakah sudah tercapai atau belum. Setidaknya ada 5 hal yang sebaiknya dievaluasi oleh ZAPFriends di akhir tahun, agar perencanaan keuangan ZAPFriends tetap berada pada jalur yang benar dan kondisi keuangan dapat terus sehat. Ini dia Checklistnya:

  1. Penambahan aset selama tahun 2020. Apa yang sudah ZAPFriends punya dari awal tahun 2020 hingga sekarang? Apakah ZAPFriends berhasil meningkatkan saldo aset investasi, atau malahan meningkatkan saldo pinjaman? Cara melakukan evaluasi adalah dengan membuat daftar semua aset investasi dan aset konsumsi yang dimiliki seperti tabungan, rumah, perhiasan, dan lainnya.  Secara umum, setiap orang sebaiknya mengalami peningkatan kekayaan bersih setidaknya 10% setiap tahunnya, jika masih dalam tahapan kehidupan yang produktif.
  1. Evaluasi tujuan keuangan yang sudah tercapai. Coba deh ZAPFriends lihat lagi catatan tujuan keuangan yang sudah ZAPFriends susun di awal tahun 2020. Jika ada tujuan keuangan yang belum tercapai, kira-kira apa penyebabnya? Apakah tidak ada sumber dana untuk memenuhi tujuan atau ada hal kejadian lain yang mengganggu tercapainya tujuan tersebut. 
  1. Evaluasi saldo dana darurat. Dana darurat untuk rumah tangga yang ideal jumlahnya setara 3 bulan dikalikan dengan pengeluaran rutin. Apalagi di masa pandemi seperti ini, minZ sarankan kamu memiliki 12x pengeluaran rutin bulanan. Sebagai contoh, apabila pengeluaran rutin keluarga sebesar Rp5 juta setiap bulannya, maka dana darurat minimal yang perlu dimiliki adalah Rp15 juta. Dana darurat tersebut perlu ditempatkan di rekening terpisah ya ZAPFriends dari rekening untuk kebutuhan operasional.
  1. Evaluasi proses menabung dan investasi setiap bulan. Setiap orang sebaiknya menyisihkan sebagian dari penghasilan yang diperoleh untuk menabung dan investasi. Harapannya, uang hasil tabungan dan investasi tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup saat masa pensiun atau sudah tidak lagi aktif berpenghasilan. Rasio menabung dan investasi yang sehat adalah minimal 10% dari penghasilan bulanan. 
  1. Yang terakhir adalah evaluasi rasio berutang. Terkadang, untuk meraih beberapa tujuan keuangan berutang atau mengambil pinjaman menjadi salah satu strateginya. Hal umum adalah mengambil pinjaman untuk membeli rumah tinggal dan kendaraan. Berutang diperbolehkan asal sesuai dengan kemampuan keuangan. Rasio berutang yang sehat diperoleh dengan membagi penghasilan bulanan dengan angka 3. 

ZAPFriends, mari sambut tahun 2021 dengan keuangan yang lebih baik. Selamat Tahun Baru

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Masalah Keuangan Fresh Graduate
2021-08-24 09:30
Masalah Keuangan Fresh Graduate
Selengkapnya
Articles Investasi dan Risikonya
2021-08-22 10:00
Investasi dan Risikonya
Selengkapnya
Articles Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
2021-08-15 09:30
Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
Selengkapnya