Articles

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

#ZAPFriends akhir tahun identik dengan musim pendaftaran sekolah untuk anak. Untuk orang tua yang sudah memiliki dana, membayar uang pangkal masuk sekolah mungkin bukan kendala lagi ya. Tulisan kali didedikasikan kembali untuk para orang tua dan calon orang tua yang tidak ingin pusing menghadapi biaya pendidikan anak kelak.

  1. Jangka waktu.

Dana pendidikan anak tidak semuanya jatuh tempo dalam jangka panjang. Berapa usia anak saat ini dan kapan dia akan masuk jenjang sekolah yang dipersiapkan? Jika dibawah 12 bulan, maka jangka pendek. Jika diatas 12 bulan maka jangka menengah hingga panjang.

2. Perhatikan jenis sekolah dan biaya.

#ZAPFriends, pemilihan jenis sekolah yaitu negeri, swasta, atau internasional akan sangat mempengaruhi biaya pendidikan anak kelak. Jangan malas ya #ZAPFriends untuk melakukan riset atas sekolah impian Anda untuk anak, dan proyeksikan biayanya sesuai dengan inflasi alias kenaikan harga per tahun.

3. Pilih produk yang sesuai untuk masing-masing kebutuhan.

Kesalahan umum yang saya temui sebagai perencana keuangan adalah masih banyak orang tua yang menggunakan hanya satu produk saja untuk memenuhi seluruh kebutuhan dana pendidikan anaknya. Itu sebabnya untuk yang jatuh tempo antara 2 tahun – 5 tahun, saya gunakan produk yang lebih konservatif. Sedangkan, untuk kebutuhan diatas 5 tahun, gunakanlah produk yang lebih agresif.

4. Pilih strateginya.

Untuk yang bekerja dengan penghasilan tetap, metode terbaik adalah melakukan proses menabung dan investasi secara berkala setiap bulannya. Dana ini dialokasikan dari gaji bulanan, dan idealnya hanya perlu alokasi maksimal 10% dari gaji Anda. Untuk #ZAPFriends yang bekerja dengan penghasilan tidak tetap, maka saat mendapat penghasilan alokasikan secara maksimal untuk langsung memenuhi kebutuhan investasinya.

5. Miliki perlindungan asuransi jiwa.

#ZAPFriends, agar tidak salah kaprah, pahamilah bahwa fungsi investasi adalah membantu Anda untuk mencicil dalam jumlah kecil dan mengharapkan imbal hasil yang tinggi sehingga saat jatuh tempo kebutuhan, saldonya terkumpul sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan asuransi jiwa, berfungsi untuk melindungi keluarga, jika dalam perjalanan melakukan cicilan investasi, tiba-tiba Anda meninggal dunia sehingga pemasukan yang biasa Anda berikan ke rumah tangga dapat digantikan oleh uang pertanggungan.

Live a Beautiful Life!

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Rencana Keuangan dalam Siklus Kehidupan
2021-01-12 07:45
Rencana Keuangan dalam Siklus Kehidupan
Selengkapnya
Articles Utangku Sehat Nggak Ya?
2020-12-16 05:49
Utangku Sehat Nggak Ya?
Selengkapnya
Articles Dapat Bonus Akhir Tahun, Gimana Cara Ngaturnya?
2020-12-14 04:34
Dapat Bonus Akhir Tahun, Gimana Cara Ngaturnya?
Selengkapnya