Dr. Ir. Iwan P. Pontjowinoto, MM, CFP®

Co-Founder
Dr. Ir. Iwan P. Pontjowinoto, MM, CFP®

Setelah lulus dari Teknik Sipil Insititut Teknologi Bandung pda tahun 1978, Iwan memulai karirnya sebagai Marketing Trainee di P.T. USI Jaya IBM. Berbekal pengalaman selama 11 tahun di IBM dan 5 tahun di Lippo Bank dan anak perusahaan Lippo Group, tahun 1994 Iwan P. Pontjowinoto mulai meniti karir sebagai Direktur di Bank Papan Sejahtera, Direktur di PT Danareksa (Persero) merangkap Direktur Utama PT Danareksa Investment Management, kemudian mengembangkan berbagai program pendidikan keuangan dan investasi selama 4 tahun, dan menjadi Direktur Utama PT Jamsostek (Persero).

Di kalangan industri Pasar Modal dan Keuangan, Iwan juga menjadi pelopor reksa dana di Indonesia. Sebagai Direktur Utama PT Danareksa Investment Management, Iwan menjadi pelopor reksa dana KIK berjenis pendapatan tetap, campuran dan saham pertama di Indonesia, dengan meluncurkan Reksa Dana Danareksa Melati (pendapatan tetap), Danareksa Mawar (saham) dan Danareksa Anggrek (campuran) di bulan Juli 1996. Kemudian pada tahun 1997 meluncurkan Reksa Dana Danareksa Seruni (pasar uang). Iwan P. Pontjowinoto juga adalah pendiri dan Ketua Umum pertama dari Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia dan aktif mengajar para Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPER). Iwan juga menjadi ikon penerapan prinsip syariah di pasar modal. Pada bulan Juli 1997, Iwan P. Pontjowinoto meluncurkan Danareksa Syariah yang merupakan reksadana syariah pertama di Indonesia. Kemudian mensponsori Lokakarya Ulama mengenai Reksa Dana yang merekomendasikan kepada Majelis Ulama Indonesia untuk membentuk Dewan Syariah Nasional (DSN). Langkah Iwan berlanjut dengan meluncurkan Jakarta Islamic Index (JII)
pada tahun 2000 dan menerbitkan buku Prinsip Syariah di Pasar Modal pada tahun 2003. Keahlian Iwan P. Pontjowinoto juga diakui oleh Majelis Ulama Indonesia sehingga diangkat menjadi anggota BPH Dewan Syariah
Nasional – Majelis Ulama Indonesia. Tahun 2011, Iwan menerbitkan buku Best-Seller “Kaya & Bahagia Cara Syariah”. Selain dikenal sebagai praktisi, Iwan juga dikenal sebagai seorang pakar secara akademis. Sejak tahun 1990 Iwan telah aktif memberikan kuliah keuangan dan perbankan di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta seperti Universitas Indonesia, ITB, IPMI, STEKPI, pada tingkat D-3 sampai S-2, termasuk mengajar ekonomi syariah di UIN (dahulu IAIN) Jakarta. Tulisan-tulisan hasil karyanya dalam bentuk artikel dan buku sudah tidak terbilang. Puncak pendidikan akademis diperoleh dengan mendapat gelar Doktor Ilmu Ekonomi dengan disertasi mengenai Obligasi Syariah dari Universitas Padjadjaran. Banyak anak didik Iwan telah berhasil menjadi pimpinan puncak di berbagai perusahaan dan lembaga keuangan, baik swasta, asing, maupun Badan Usaha Milik Negara yang strategis. Saat ini, Iwan berprofesi sebagai konsultan untuk industri keuangan. Selain itu, Iwan juga aktif mendarmabaktikan ilmu yang telah diperolehnya dengan tercatat sebagai salah satu staf pengajar aktif di almamaternya, Institut Teknologi Bandung dan juga aktif menjadi Nara Sumber di berbagai acara dan tulisan keuangan baik untuk Syariah mau pun Pasar Modal. Sejak tahun 2014, Iwan yang memegang lisensi Penasehat Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (dahulu Bapepam-LK) adalah Co-Founder ZAP Finance.

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources