Articles

Sehatkah Keuangan Rumah Tanggaku?

Keuangan rumah tangga yang baik tentunya yang dikelola dengan sehat dan berkelanjutan. Sebelum dapat mulai merencanakan keuangan, maka tahapan harus diawali dengan pengukuran kesehatan keuangan rumah tangga. Secara sederhana, kesehatan keuangan dapat diukur dari beberapa indikator.

Kondisi keuangan sebuah rumah tangga dapat dikategorikan kedalam empat tingkatan yaitu Tidak Sehat, Sehat, Mandiri, Sejahtera. Empat kondisi terebut sejalan dengan perjalanan hidup. ZAP Finance mengajak Anda untuk melakukan evaluasi kesehatan keuangan berikut ini:

  1. Mengevaluasi pinjaman. Apakah rumah tangga memiliki pinjaman? Setiap tahun, pendataan jumlah aset dan utang sebaiknya dilakukan. Pinjaman sehat umumnya berbentuk pinjaman untuk pembelian rumah tinggal dan pinjaman untuk modal usaha.

2. Memastikan pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan. Saat pemasukan dan pengeluaran impas saja, artinya Anda belum memiliki kemampuan untuk menyisihkan dana masa depan. Cara termudah adalah membuat tabel arus kas pemasukan dan pengeluaran. Setiap bulan, manajer keuangan dalam

3. Menghitung kecukupan dana darurat. Dalam kehidupan, banyak sekali kejadian tak terduga yang mungkin membutuhkan biaya yang terkadang cukup besar. Contohnya adalah musibah bencana alam yang menimpa keluarga, musibah sakit, mau pun hal sederhana seperti atap rumah bocor, ban pecah, dan rusaknya alat rumah tangga.

4. Memiliki aset tabungan dan investasi. Ada perbedaan yang sangat mendasar antara menabung dan berinvestasi. Untuk memenuhi berbagai tujuan keuangan hingga jangka waktu 2 tahun kedepan, maka sarana terbaik adalah menabung seperti dengan bantuan tabungan berjangka, membeli logam mulia, mau pun membeli reksa dana pasar uang. Sedangkan, untuk tujuan keuangan yang lebih panjang maka sarana terbaik adalah dengan berinvestasi seperti membeli saham, membeli tanah, dan lainnya.

#ZAPFriends, situasi yang umum, kemungkinan besar rumah tangga memiliki aset yang akan dikategorikan menjadi aset kas, aset investasi, dan aset konsumsi. Rumah tinggal yang ditempati, kendaraan yang digunakan serta perhiasan adalah contoh aset konsumsi karena digunakan untuk kehidupan.

Live a Beautiful Life!

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Keuangan Saat Pasangan Berhenti Kerja
2021-02-16 08:49
Keuangan Saat Pasangan Berhenti Kerja
Selengkapnya
Articles Rencana Keuangan dalam Siklus Kehidupan
2021-01-12 07:45
Rencana Keuangan dalam Siklus Kehidupan
Selengkapnya
Articles Utangku Sehat Nggak Ya?
2020-12-16 05:49
Utangku Sehat Nggak Ya?
Selengkapnya