Articles

PPN Dana Pendidikan

#ZAPFriends belum lama ini, beredar berita bahwa pemerintah berencana mengenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) pada beberapa kategori jasa, termasuk dalam jasa pendidikan seperti PAUD, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi dan pendidikan luar sekolah.

Tanpa adanya PPN pun, biaya masuk sekolah di Indonesia terbilang besar, ditambah dengan inflasi pendidikan yang bisa mencapai 15% per tahun tentunya akan menambah kebutuhan dana pendidikan yang perlu dipersiapkan. Walaupun ini baru wacana, namun alangkah baiknya jika #ZAPFriends sebagai orang tua bisa menyikapinya dengan bijaksana, salah satunya dengan merencanakan dana pendidikan sedini mungkin agar #ZAPFriends tidak perlu khawatir saat waktunya tiba.

Berikut beberapa langkah yang perlu diambil dalam perencanaan dana pendidikan:

      1. Tentukan jangka waktu.

Usia anak sangat mempengaruhi kapan dana pendidikan akan dibutuhkan. Tentukan usia  pertama anak masuk sekolah, sehingga didapatkan kapan kebutuhan setiap jenjang pendidikannya. Jika dana dibutuhkan dibawah 12 bulan, maka jangka pendek, sedangkan diatas 12 bulan maka jangka menengah hingga panjang.

            2. Pemilihan sekolah

Lakukan survey dan cari informasi secara detail tentang pilihan-pilihan sekolah yang ada.

Kemudian buat pertimbangan dan tentukan jenis sekolah yang paling sesuai untuk anak #ZAPFriends. Pemilihan jenis sekolah yaitu negeri, swasta, atau internasional akan sangat mempengaruhi biaya pendidikan anak kelak. Proyeksikan biayanya sesuai dengan inflasi alias kenaikan harga per tahun.

            3. Evaluasi keuangan

Evaluasi kondisi keuangan saat ini. Sebaiknya biaya pendidikan anak setiap bulannya, baik biaya sekolah maupun kegiatan tambahan lainnya maks. 10% dari penghasilan orangtua.

            4. Pilih instrumen investasi yang tepat

Besarnya biaya pendidikan sudah bisa diprediksi, kapan dana dibutuhkan pun sudah diketahui. Langkah berikutnya adalah menentukan instrumen investasi yang tepat. Untuk mudahnya, dana pendidikan dapat dibagi dalam 3 kelompok besar, yaitu: dana pendidikan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang yang instrumen investasinya dapat disesuaikan dengan jangka waktu tersebut.

            5. Disiplin dengan tujuan

Memiliki tujuan akan sangat membantu fokus dan disiplin dalam berinvestasi. Terutama bila untuk kebutuhan si buah hati. Sisihkan min. 5% dari penghasilan bulanan #ZAPFriends ke instrumen investasi yang tepat, sedini mungkin agar dana yang ada dapat berkembang optimal.

Pada akhirnya jika seandainya rencana pengenaan pajak terhadap jasa pendidikan tidak jadi terlaksana, adalah langkah bijak untuk tetap merencanakan pendanaan terhadap pendidikan anak. Mari kita berharap dan berbuat yang terbaik bagi pendidikan anak-anak kita. #BelajarBarengZAPFinance

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Masalah Keuangan Fresh Graduate
2021-08-24 09:30
Masalah Keuangan Fresh Graduate
Selengkapnya
Articles Investasi dan Risikonya
2021-08-22 10:00
Investasi dan Risikonya
Selengkapnya
Articles Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
2021-08-15 09:30
Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
Selengkapnya