Articles

Mengenal Dana Darurat

Perencanaan keuangan pribadi adalah hal yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Semua pun paham, sebaik-baiknya perencanaan manusia, tetap harus tunduk saat rencana Tuhan YME mengatakan hal yang berbeda. Apabila krisis kehidupan pun harus terjadi, maka setidaknya manusia bisa bersiap-siap dalam hal keuangan sehingga satu beban pun bisa teratasi. Persiapan mengatasi krisis kehidupan dalam perencanaan keuangan dinamakan dana darurat. Apakah #ZAPFriends memahami betapa pentingnya memiliki dana darurat?

ZAP Finance menemukan sebuah metode mencapai kebebasan finansial yang dinamakan 7 Langkah Menuju Sejahtera. Langkah pertama dimulai dengan memiliki rencana keuangan, diikuti dengan menghapus utang-utang konsumtif, lalu mulai membangun dana darurat. Langkah-langkah ini layaknya permainan ular tangga, dimana #ZAPFriends harus melewati langkah pertama sebelum menjalankan yang berikutnya. Dengan demikian, sebelum mulai berinvestasi, setiap orang wajib memiliki dana darurat.

Sudahkah  #ZAPFriends memahami apa itu dana darurat dan kapan penggunaannya?

Dana darurat adalah sejumlah uang yang ditempatkan kedalam aset keuangan yang likuid dan hanya akan dipakai saat terjadi krisis kehidupan. Jadi, dana darurat bukan alokasi longgar setiap bulan dari penghasilan, melainkan tabungan khusus yang disiapkan untuk situasi krisis. Dana darurat sebagai dana yang bebas dipakai saat situasi buruk terjadi. Mari pahami terlebih dahulu situasi krisis kehidupan yang layak dibantu oleh dana darurat.

  • Darurat #1 yaitu saat terjadinya situasi hilang pekerjaan sebagai sumber penghasilan, padahal #ZAPFriends masih harus membayar berbagai komitmen tagihan bulanan.
  • Darurat #2 yaitu saat terjadinya kondisi kesehatan mendadak dimana perlindungan asuransi kesehatan mau pun BPJS kesehatan tidak membantu. Pahami, biaya sakitnya mungkin terganti dengan asuransi, namun biaya diluar kesehatan seperti menggaji tenaga perawat, bantuan transportasi dan akomodasi keluarga yang merawat harus ditanggung sendiri.
  • Darurat #3 yaitu saat alat transportasi #ZAPFriends rusak sehingga harus servis mau pun menambah biaya transportasi lain.
  • Darurat #4 yaitu saat berbagai situasi domestik terjadi dari mulai rusaknya perabot hingga kebutuhan perawat anak kecil bagi orangtua bekerja.
  • Terakhir, situasi darurat #5 yaitu saat terjadi situasi lain seperti musibah keluarga, bencana alam, dan lainnya.

Di ZAP Finance sangat memaksa setiap orang memiliki dana darurat. Karena jika salah satu dari 5 kondisi darurat tersebut menimpa keluarga #ZAPFriends. Apabila tidak ada dana kas yang siap untuk digunakan, kemungkinan #ZAPFriends akan mencari solusi cepat dari menggesek kartu kredit, mengambil pinjaman online, mau pun meminjam ke pribadi lain.

Lebih lanjut lagi, apabila penghasilan tidak mencukupi, maka akan timbul cicilan utang baru yang juga disertai oleh biaya administrasi dan biaya bunga. Pun #ZAPFriends memiliki aset investasi seperti saham, maka harus melakukan pencairan segera yang berpotensi dijual di harga yang lebih rendah. Sehingga, jelas bahwa dana darurat akan memberikan kedamaian dan kenyamanan hidup yang dibutuhkan saat krisis kehidupan terjadi. Lalu, berapa kebutuhan dana dan bagaimana cara mengumpulkannya?

ZAP Finance akan bahas di artikel selanjutnya ya. Live a Beautiful Life!

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Masalah Keuangan Fresh Graduate
2021-08-24 09:30
Masalah Keuangan Fresh Graduate
Selengkapnya
Articles Investasi dan Risikonya
2021-08-22 10:00
Investasi dan Risikonya
Selengkapnya
Articles Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
2021-08-15 09:30
Pengeluaran-pengeluaran yang Menjadi Bocor Halus bagi Newly-Wed
Selengkapnya