Articles

Jurus Anti Panik Keuangan Rumah Tangga

Ada beberapa antisipasi keuangan yang bisa dilakukan setiap rumah tangga dalam menghadapi perubahan dan gejolak perekonomian di Indonesia.

1. Evaluasi sumber penghasilan.

Tidak semua pekerjaan atau usaha akan terdampak secara langsung dari kemungkinan penurunan ekonomi pasca pengumuman positif Covid-19 di Indonesia. Apabila pekerjaan kamu tidak terdampak, maka tetap jalani hidup secara normal, namun dengan prinsip waspada. Jika sumber penghasilan terdampak, maka penyesuaian bujet wajib dilakukan.

2. Menghitung ulang bujet rumah tangga.

Kondisi perekonomian pasti memiliki dampak terhadap keuangan rumah tangga dalam skala mikro. Sederhananya, potensi kenaikan biaya-biaya dalam rumah tangga dan juga potensi berkurangnya penghasilan akibat kondisi perusahaan yang juga kena imbas. Itu sebabnya upayakan pakai bujet Living – Saving – Playing, dengan prioritas utama pada porsi Saving dana darurat.

3. Perbesar saldo dana cadangan darurat.

Saat ini, fokus tujuan keuangan sebaiknya adalah menambah porsi dana cadangan dalam bentuk yang likuid. Untuk keluarga yang berpenghasilan sebagai karyawan disarankan untuk mentargetkan minimal 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Sedangkan, untuk wiraswasta atau pekerja lepas, targetkan hingga 12 kali pengeluaran rutin bulanan. Dana cadangan ini sebaiknya ditempatkan di tabungan yang terpisah dengan rekening untuk transaksi harian.

4. Prioritas pos kesehatan

Untuk saat ini, fokus perkokoh pondasi keuangan. Prioritas pengeluaran pada pos wajib seperti pembayaran cicilan, uang sekolah anak, serta kewajiban lain. Berikutnya, kelola pos kebutuhan seperti makan, minum, serta pengeluaran untuk kesehatan. Fokuskan kepada gaya hidup sehat seperti perbanyak buah, sayuran, air putih serta vitamin untuk memperkuat kondisi kesehatan. Namun, jangan stok alat kesehatan mau pun obat secara berlebihan.

5. Hindari pembelian konsumtif apalagi dengan pinjaman

Untuk sementara waktu, hindari pembelian yang dibantu dengan cicilan berbunga tinggi. Apabila tabungan sudah memadai dan pembelian diperlukan, silakan pilih dengan promo terbaik.

Tuliskan Komentar

MORE INSIGHT DAN INSPIRATION

ZAPFin Resources

Articles Kelola Investasi di Masa Waspada
2020-03-02 08:42
Kelola Investasi di Masa Waspada
Selengkapnya
Articles Jurus Anti Panik Keuangan Rumah Tangga
2020-03-02 08:41
Jurus Anti Panik Keuangan Rumah Tangga
Selengkapnya
Articles and Uncategorized 9 Langkah Mencapai Kemerdekaan Finansial
2019-08-26 07:59
9 Langkah Mencapai Kemerdekaan Finansial
Selengkapnya