INDIVIDU & FAMILY / Quick Check Up

Tabel Kekayaan

TOTAL KEKAYAAN

Kekayaan bersih anda adalah nilai dari seluruh harta dikurangi nilai dari seluruh kewajiban anda. Dengan kata lain, tabel ini menggambarkan apa yang anda miliki dikurangi apa yang masih terhutang. Apabila yang anda miliki lebih banyak dari terhutang, maka nilai kekayaan bersih akan positif. Demikian pula sebaliknya.

*Tulis angka 0 apabila anda tidak memiliki salah satu aset yang tertera di bawah ini

ASET KAS
Rp
Rp
Rp
Rp
Total Aset Kas
-
ASET INVESTASI
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Total Aset Investasi
-
ASET KONSUMSI
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Total Aset Konsumsi
-

Total Aset Keseluruhan

-
JANGKA PENDEK
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Total
-
JANGKA PANJANG
Rp
Rp
Rp
Rp
Total
-

Total Kewajiban

-
PENDAPATAN
(rutin per bulan)
Rp
Rp
Rp
Rp
Total Pendapatan
-

Total Pendapatan

-
PENGELUARAN
(rutin per bulan)
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Total Pengeluaran
-

Total Pengeluaran

-
Rasio Dana Darurat

3.08

0
Rasio Ideal 3-12
100
Rasio Menabung

70%

0
Rasio Ideal 20-30%
100
Rasio Belanja

2.75%

0
Rasio Ideal 50-70%
100
Rasio Berhutang

2.5%

0
Rasio Ideal 0-30%
100

Kekayaan Bersih

Total Aset Keseluruhan
Rp. 0
- Aset Kas
Rp. 0
- Aset Investasi
Rp. 0
- Aset Konsumsi
Rp. 0
Total Kewajiban
Rp. 0
- Jangka Pendek
Rp. 0
- Jangka Panjang
Rp. 0
Total Kekayaan Bersih
Total Aset Keseluruhan - Total Kewajiban Rp. 0

Arus Kas (bulanan)

Pemasukan
Rp. 0
Pengeluaran
Rp. 0
Sisa Arus Kas
Pemasukan - Pengeluaran Rp. 0

  1. Pendapatan: masukkan total nilai pendapatan di masing-masing kategori. Asumsi yang digunakan adalah pendapatan bersih setelah dikurangi pajak dan biaya lainnya.
  2. Pengeluaran: masukkan total nilai pengeluaran untuk masing-masing kategori.
  3. Apabila anda menggunakan figur pendapatan tahunan, maka anda juga harus menggunakan figur pengeluaran tahunan.
  4. Apabila anda menggunakan figur pendapatan bulanan, maka anda juga harus menggunakan figur pengeluaran bulanan. Untuk pendapatan atau pengeluaran yang sifatnya tahunan seperti Bonus, Tunjangan Hari Raya, Pajak Bumi & Bangunan, Pajak Mobil, dan lain-lain, maka masukkan angka ekuivalen per bulannya.
  5. Kas: masukkan total saldo tabungan atau kas yang anda simpan sendiri (bukan di bank atau lembaga keuangan lainnya).
  6. Investasi Jangka Pendek: masukkan total nilai deposito, reksadana pasar uang, dan harta lainnya yang akan dijual dalam waktu dibawah 1 tahun sesuai kategorinya.
  7. Harta non-Investasi: masukkan total nilai rumah tinggal, kendaraan, dan estimasi harga jual isi rumah yang anda tempati saat ini.
  8. Harta Investasi: masukkan total nilai investasi untuk masing-masing kategori. Sebagai petunjuk, harta investasi ini umumnya baru akan dijual/dilikuidasi diatas 1 tahun. Rumah kedua yang disewakan termasuk dalam kategori ini.
  9. Kewajiban Lancar: masukkan total nilai kewajiban berupa hutang kartu kredit atau hutang lainnya yang akan jatuh tempo dibawah 1 tahun.
  10. Kewajiban Tidak Lancar: masukkan total nilai kewajiban berupa Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Pemilikan Kendaraan, dan kredit lainnya yang jangka waktunya lebih dari 1 tahun.Kekayaan bersih anda adalah nilai dari seluruh harta dikurangi nilai dari seluruh kewajiban anda. Dengan kata lain, tabel ini menggambarkan apa yang anda miliki dikurangi apa yang masih terhutang. Apabila yang anda miliki lebih banyak dari terhutang, maka nilai kekayaan bersih akan positif. Demikian pula sebaliknya.

  1. Hasil yang ditampilkan oleh kalkulator merupakan perkiraan dan hanya ditujukan sebagai ilustrasi. Kalkulator ini tidak ditujukan untuk memberikan saran dan rekomendasi keuangan, investasi, perpajakan dan atau asuransi.
  2. Hasil yang terdapat dalam laporan ini berdasarkan atas input-input yang anda masukkan. Anda seharusnya menginput angka-angka yang sesuai dengan keadaan finansial anda termasuk mempertimbangkan faktor profil resiko dan periode investasi. Apabila tingkat imbal hasil investasi, inflasi, dan biaya aktual lainnya berbeda dengan asumsi yang digunakan dalam perhitungan di kalkulator ini, maka hasil akhirnya dapat berbeda secara signifikan dari yang dipresentasikan dalam laporan ini. Data historis tidak menjamin kepastian hasil untuk masa mendatang.
  3. Seluruh keputusan keuangan dan investasi yang diambil oleh anda merupakan resiko sendiri dan ZAP Finance dilepaskan dari tanggung jawab atas kerugian yang mungkin timbul.