Our Management

Dr. Ir. Iwan P. Pontjowinoto, MM, CFP®

CEO

Setelah lulus dari Teknik Sipil Insititut Teknologi Bandung pda tahun 1978, Iwan memulai karirnya sebagai Marketing Trainee di P.T. USI Jaya IBM. Berbekal pengalaman selama 11 tahun di IBM dan 5 tahun di Lippo Bank dan anak perusahaan Lippo Group, tahun 1994 Iwan P. Pontjowinoto mulai meniti karir sebagai Direktur di Bank Papan Sejahtera, Direktur di PT Danareksa (Persero) merangkap Direktur Utama PT Danareksa Investment Management, kemudian mengembangkan berbagai program pendidikan keuangan dan investasi selama 4 tahun, dan menjadi Direktur Utama PT Jamsostek (Persero).

 

Di kalangan industri Pasar Modal dan Keuangan, Iwan juga menjadi pelopor reksa dana di Indonesia. Sebagai Direktur Utama PT Danareksa Investment Management, Iwan menjadi pelopor reksa dana KIK berjenis pendapatan tetap, campuran dan saham pertama di Indonesia, dengan meluncurkan Reksa Dana Danareksa Melati (pendapatan tetap), Danareksa Mawar (saham) dan Danareksa Anggrek (campuran) di bulan Juli 1996. Kemudian pada tahun 1997 meluncurkan Reksa Dana Danareksa Seruni (pasar uang). Iwan P. Pontjowinoto juga adalah pendiri dan Ketua Umum pertama dari Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia dan aktif mengajar para Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPER).

 

Iwan juga menjadi ikon penerapan prinsip syariah di pasar modal. Pada bulan Juli 1997, Iwan P. Pontjowinoto meluncurkan Danareksa Syariah yang merupakan reksadana syariah pertama di Indonesia. Kemudian mensponsori Lokakarya Ulama mengenai Reksa Dana yang merekomendasikan kepada Majelis Ulama Indonesia untuk membentuk Dewan Syariah Nasional (DSN). Langkah Iwan berlanjut dengan meluncurkan Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2000 dan menerbitkan buku Prinsip Syariah di Pasar Modal pada tahun 2003. Keahlian Iwan P. Pontjowinoto juga diakui oleh Majelis Ulama Indonesia sehingga diangkat menjadi anggota BPH Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia. Tahun 2011, Iwan menerbitkan buku Best-Seller “Kaya & Bahagia Cara Syariah”.

 

Selain dikenal sebagai praktisi, Iwan juga dikenal sebagai seorang pakar secara akademis. Sejak tahun 1990 Iwan telah aktif memberikan kuliah keuangan dan perbankan di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta seperti Universitas Indonesia, ITB, IPMI, STEKPI, pada tingkat D-3 sampai S-2, termasuk mengajar ekonomi syariah di UIN (dahulu IAIN) Jakarta. Tulisan-tulisan hasil karyanya dalam bentuk artikel dan buku sudah tidak terbilang. Puncak pendidikan akademis diperoleh dengan mendapat gelar Doktor Ilmu Ekonomi dengan disertasi mengenai Obligasi Syariah dari Universitas Padjadjaran. Banyak anak didik Iwan telah berhasil menjadi pimpinan puncak di berbagai perusahaan dan lembaga keuangan, baik swasta, asing, maupun Badan Usaha Milik Negara yang strategis.

 

Saat ini, Iwan berprofesi sebagai konsultan untuk industri keuangan. Selain itu, Iwan juga aktif mendarmabaktikan ilmu yang telah diperolehnya dengan tercatat sebagai salah satu staf pengajar aktif di almamaternya, Institut Teknologi Bandung dan juga aktif menjadi Nara Sumber di berbagai acara dan tulisan keuangan baik untuk Syariah mau pun Pasar Modal. Sejak tahun 2014, Iwan yang memegang lisensi Penasehat Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (dahulu Bapepam-LK) adalah CEO ZAP Finance.


Prita H. Ghozie, SE(Akt.), MCom., GCertFinPlanning, CFP®, QWP

Director

Principal Consultant (Chief Planner) ZAP Finance

Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom., GCertFinPlanning, CFP®  adalah seorang perencana keuangan independen, pembicara, dan penulis.

 

Prita mulai menempuh pendidikan formalnya di bidang ekonomi & keuangan sebagai mahasiswi S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia jurusan Akuntansi pada tahun 1998. Tiga setengah tahun kemudian, ia berhasil lulus dan langsung melanjutkan pendidikan S2 di University of Sydney School of Business, Australia. Selama di Sydney, peraih gelar Master of Commerce ini sempat bekerja paruh waktu di Securities Institute of Australia dan berkenalan dengan ilmu perencanaan keuangan (Financial Planning).

 

Atas dasar itulah, Prita memutuskan untuk meningkatkan pengetahuannya di bidang ilmu Personal Finance dengan mengikuti pendidikan formal S2 di Financial Services Institute of Australasia (FINSIA) dan berhasil mendapatkan gelar Graduate Certificate in Financial Planning pada tahun 2003. Dengan pencapaian ini, Prita telah mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Australian Qualification Framework untuk memberikan konsultasi dan saran-saran keuangan terutama di area Managed Investments, Risk & Insurance Management, Estate Planning, dan Pension Planning yang berskala internasional.

 

Sepulang dari Australia tahun 2004, Prita mulai meniti kariernya di P.T. IBM Indonesia sebagai Team Blue Trainee. Setahun beralih profesi menjadi IT Sales Specialist, ternyata tidak melupakan kecintaannya terhadap dunia keuangan. Setelah melahirkan anak pertamanya, ia pun dipercaya untuk menjabat sebagai Country Treasury Analyst. Tanggung jawabnya meliputi Cash Management, Risk and Insurance Management, serta aktif dalam kepengurusan Dana Pensiun IBM Indonesia sampai dengan medio 2009. Saat ini, Prita menjabat sebagai Director sekaligus Principal Consultant (Chief Planner) di ZAP Finance.

 

Konsisten sebagai Financial Planner yang sangat peduli dengan topik mengenai Perempuan, Prita telah meluncurkan buku “Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” pada bulan April 2010. Buku yang telah naik cetak lima kali sejak peluncurannya itu, berhasil No.1 Top Ten Best-Selling Book di Gramedia Grand Indonesia di Bulan Mei 2010 dan berhasil menjadi National Best-Seller di Bulan Agustus 2011. Prita pun kerap diundangan untuk berbicara di berbagai Talkshow, Seminar, dan Workshop oleh berbagai perusahaan, organisasi, maupun umum.

 

Sejak bulan Juni 2009, Prita menjadi pengasuh konsultan keuangan tetap di Tabloid Wanita Indonesia. Prita juga menjadi Nara Sumber keuangan untuk acara Money&Me di Radio UFM 94.7 Jakarta bersama Moza Pramita, serta Nara Sumber di segmen Your Money MetroTV dan segmen Interaktuit KompasTV. Selain itu, Prita juga sering menjadi nara sumber tamu di program TVOne, Berita Satu, Trans7, dan MNC TV. Prita pun aktif menjadi salah satu nara sumber Kiat Kocek di Tabloid KONTAN Mingguan, nara sumber tetap untuk rubrik Bunda&Uang di Majalah AyahBunda, nara sumber untuk kompas.com dan detik.com. Selain itu, Prita juga kerap mengisi artikel untuk Majalah Femina, MarieClaire Indonesia Magazine, Majalah Her World, Majalah NOOR, GoodHousekeeping Magazine, dan Tabloid NOVA.  Profil Prita sebagai seorang perencana keuangan pernah dimuat di Harian Republika Jumat (April 2010), Sosialita KOMPAS Minggu (8 Mei 2011), Tabloid Wanita Indonesia (Edisi 1114 Mei 2011), Majalah NOOR (Edisi Juni 2011), Majalah Market+, Majalah HerWorld (2013), Majalah Cosmopolitan (2013), dan Majalah SWA (Tahun 2013).

 

Selain berkipah di dunia profesional, Prita tercatat dalam jajaran Staf Pengajar S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia jurusan Akuntansi dengan mata kuliah ajar Manajemen Investasi dan Komunikasi Bisnis. Ia juga beberapa kali menjadi dosen tamu di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB-SBM) sejak awal tahun 2009.

 

Ibu dari dua orang anak ini terus menambah pengetahuannya di bidang Perencanaan Keuangan melalui berbagai sumber. Ilmu yang telah diterapkan di lingkungan keluarga dan kerabat dekat sejak tahun 2003 ini, terbukti memiliki manfaat yang tidak ternilai dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu, Prita bercita-cita agar manfaat ini juga dapat dirasakan oleh kalangan masyarakat yang lebih luas. Kombinasi latar belakang pendidikan formal dan segudang pengalaman yang mendukung, menjadikan Prita seorang perencana keuangan dan konsultan dengan competitive edge lebih baik.