Menyisihkan Budget untuk Self Love

From The Desk Of Prita Hapsari Ghozie

Beberapa bulan terakhir, istilah self-love kerap kali terlihat di berbagai media sosial mau pun nasional. Menurut beberapa definisi, self-love adalah sebuah proses mau pun keputusan yang diambil untuk menyenangkan diri sendiri agar tercipta sebuah kebahagiaan dalam kehidupan manusia. Lalu, seperti apakah dampak dan pengaruh self-love dalam perencanaan keuangan keluarga?

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu cara untuk menerapkan self-love adalah dengan melakukan pembelian atau konsumsi barang dan jasa. Agar pengeluaran ini juga tidak hanya membawa kebahagiaan namun juga kebaikan, maka saya ingin mengkaitkan tujuan pembelian dengan motivasi dibaliknya. Ada 3 hal yang umumnya mendasari keputusan pembelian dalam keluarga.

 

Pertama, membeli karena mimpi. Ada kalanya sebuah keluarga bermimpi ingin punya kendaraan merek tertentu atau ingin pergi ke tujuan liburan eksotis tertentu. Dengan demikian, saya sarankan agar mimpi ini dimasukkan kedalam rencana keuangan dan strategi dilakukan dengan cara menabung.

 

Kedua, membeli karena investasi. Berbeda dengan investasi di produk keuangan, dalam hal self-love saya bicara investasi sebagai pengeluaran yang dilakukan untuk meng-upgrade diri sendiri mau pun keluarga. Misalkan, kursus fotografi untuk meningkatkan skills, kursus balet untuk anak perempuan sebagai bekal diri di masa depan, mengikuti kelas Yoga untuk mengelola kesehatan raga dan jiwa, dan lainnya. Investasi pada diri sendiri haruslah diikuti dengan bujet yang seimbang dalam rencana keuangan. Idealnya, bujet ini maksimal 10% dari penghasilan bulanan.

 

Ketiga, membeli karena gengsi. Hal yang kerap digaungkan oleh konsumerisme adalah adanya kebahagiaan dengan memiliki merek tertentu yang dapat melambangkan status sosial. Tidak ada yang salah memang dengan pembelian karena gengsi. Namun apakah yakin rela mengorbankan kebebasan finansial di masa depan hanya karena ini? Setiap keluarga memiliki situasi keuangan yang berbeda-beda. Saya sarankan, jika Anda ingin memenuhi gengsi, maka penuhi hal tersebut hanya dengan dana tunai yang tersedia, tanpa bantuan berutang.

 

Berikutnya, setelah menentapkan motivasi dibalik pengeluaran self-love yang akan dilakukan, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah pengaturan anggaran untuk pengeluaran self-love seperti ini.

 

1. Tentukan pengeluaran self-love yang diperlukan. Ada 3 hal yang bisa dialokasikan untuk budgeting self love. Me time seperti nonton drama korea favorit, beli buku, atau sekedar traveling. Bisa juga shopping time ke butik favorit atau online shopping. Terakhir, pampering time seperti beli skincare, perawatan ke salon, spa, atau pun berolah-raga di pusat kebugaran favorit. Nah mana diantara ketiga itu yang paling penting untuk Anda dan keluarga?

2. Alokasikan bujet ideal dari gaji bulanan. Ada baiknya penentuan bujet self-love sedari awal. Persentase ideal yang disarankan untuk belanja kebutuhan pribadi adalah 5% hingga 10% dari penghasilan rutin bulanan. Jadi, bilamana ada alokasi bujet sebesar Rp1 juta setiap bulan untuk belanja kebutuhan pribadi, maka seharusnya keluarga menerima penghasilan rutin Rp10 juta setiap bulan.

Alokasi tersebut bukan berarti harus dihabiskan setiap bulannya. Anda juga bisa mengumpulkannya terlebih dahulu untuk dibelanjakan di kemudian hari. Saya sarankan   memiliki dana belanja kebutuhan pribadi di rekening terpisah yang saya sering sebut dengan istilah “playing account”.

3. Manfaatkan fasilitas diskon dan potongan lainnya. Dengan jumlah dana yang sama, bisa jadi Anda mendapatkan produk yang lebih banyak atau lebih berkualitas. Hal ini dimungkinkan jika   pandai memanfaatkan fasilitas diskon atau cashback. Jangan lupa juga untuk menjadi anggota program loyalitas, agar pengumpulan poin hasil belanja dapat difungsikan sebagai tambahan diskon di kemudian hari.

4. Pay everything with cash. Membayar tunai bisa dengan bantuan kartu debit, e-wallet maupun uang kas akan lebih baik dibandingkan berutang. Usahakan tidak menggunakan pinjaman online untuk pengeluaran self-love. Love your self and use things. Not the other way around.

Live a beautiful life!