Membuat Anggaran Liburan Akhir Tahun

Wih, tidak terasa bulan Agustus sudah mau berakhir! Itu artinya empat bulan lagi kita bisa menikmati libur akhir tahun. Kira-kira rencana apa yang sudah Anda siapkan untuk liburan akhir tahun ini?

 

Di antara Anda mungkin ada yang sudah membuat rencana libur akhir tahun dengan sangat detil, beberapa orang lainnya baru mendapatkan gambaran besarnya saja atau mungkin Anda termasuk yang belum merencanakan apapun. Apapun kondisi Anda saat ini, tips berikut mungkin akan sangat bermanfaat untuk membantu menyiapkan anggaran liburan dan melindungi rekening bank Anda supaya tidak bocor pasca liburan.

 

 

  1. Tentukan Gaya Liburan

Anggaran mengikuti aktivitas liburan atau aktivitas liburan yang menyesuaikan anggaran? Jika Anda sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari dan sudah memiliki tabungan atau investasi sesuai dengan rencana tersebut, maka Anda bisa mengambil opsi pertama. Namun jika Anda baru merencanakannya sekarang, saya lebih menyarankan mengambil opsi kedua.

 

  1. Membuat Anggaran Liburan

Berikut ini item-item yang bisa membantu Anda mendapatkan angka anggaran secara keseluruhan :

 

–       Transportasi (Transportasi menuju ke dan pulang dari tempat liburan dan Transportasi selama di tempat liburan)

–       Biaya Paspor dan Visa

–       Akomodasi

–       Makan dan Minum

–       Tiket dan Biaya-Biaya di Tempat Wisata

–       Komunikasi

–       Uang Tip

–       Belanja Oleh-Oleh

–       Belanja Perlengkapan Liburan

–       Asuransi Perjalanan

–       Dana Cadangan Liburan

 

Apabila Anda mengambil paket wisata rombongan, Anda perlu benar-benar tahu pengeluaran apa saja yang sudah termasuk dalam paket dan mana yang belum.

 

Masing-masing orang pasti memiliki tipe anggaran liburan yang berbeda. Misalnya, si A memiliki anggaran makan dan minum yang lebih besar dari si B karena si A lebih suka mencoba kuliner di tempat wisata. Dengan mengenal karakter diri dan me-review pengalaman liburan sebelumnya, Anda akan tahu kira-kira pos pengeluaran apa saja yang kemungkinan besar akan Anda sabotase sendiri sehingga Anda bisa menghitung dengan lebih realistis jumlah anggaran yang perlu Anda siapkan.

 

Selain itu, pertimbangkan juga nilai kurs mata uang apabila Anda berencana liburan di luar negeri karena hal ini juga akan mempengaruhi keseluruhan anggaran nantinya.

 

  1. Berburu Promo

Jangan malas berburu promo tiket pesawat, tempat akomodasi, sampai tiket masuk tempat wisata di internet. Sekarang, Anda bahkan bisa membandingkan situs mana yang bisa memberikan promo dan keuntungan lebih banyak untuk Anda.

 

  1. Cek Poin

Bagi Anda pengguna setia kartu kredit atau kartu keanggotaan maskapai penerbangan, saatnya kini Anda mengecek poin yang sudah Anda kumpulkan! Siapa tahu poin Anda bisa mengurangi anggaran yang harus Anda siapkan?

 

  1. Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Meskipun saat ini sudah banyak mesin tarik tunai yang tersedia maupun mesin EDC di merchant-merchant, Anda tetap harus menyiapkan uang tunai secukupnya. Mungkin saja kan mesin-mesin tersebut mengalami gangguan?

 

  1. Mencari Referensi Liburan

Untuk melengkapi rencana yang sudah dibuat sebelumnya, saya sangat menyarankan Anda untuk tetap mencari referensi liburan, baik dari teman-teman, artikel, sampai buku-buku panduan berlibur yang saat ini sudah banyak sekali tersedia.

 

Nah, sudah siap membuat anggaran liburan akhir tahun ini? Selamat mencoba dan semoga rencana liburan Anda bisa terwujud. 🙂

Live a Beautiful Life !