ORI 015 Investasi untuk Pemula

From The Desk Of Fioney Sofyan

Pemerintah mengeluarkan kembali ORI atau Obligasi Ritel Indonesia dengan tujuan untuk membiayai kegiatan-kegiatan Pemerintah yang produktif, yaitu untuk pembiayaan APBN, dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun ternyata, berbeda dengan obligasi yang pernah dikeluarkan oleh pemerintah, kali ini ada perbedaan khusus yang membuat ORI 015 menjadi pilihan investasi yang sangat menarik apabila dibandingkan dengan instrument investasi lain.

Apa sajakah hal-hal menarik yang bisa kita temui dengan berinvestasi di ORI 015?

 

1. Minimum Pemesanan Rp. 1 Juta dan kelipatannya

Pemerintah menyadari bahwa banyak sekali masyarakat yang sebenarnya sangat antusias memiliki ORI, namun memiliki keterbatasan dana. Sehingga berbeda dengan sebelumnya, kali ini minimum pemesanan adalah sebesar Rp. 1 juta, setelah sebelumnya Rp. 5 juta. Hal ini membuat ORI 0015 menjadi produk investasi yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan instrument investasi ORI yang sebelumnya. Maksimum pemesananpun masih dibatasi sampai Rp. 3 M, sehingga ada penjatahan agar lebih banyak lagi masyarakat yang bisa memiliki instrument investasi ini.

 

2. Kupon dengan tingkat bunga yang tetap sampai waktu jatuh tempo

Bunga yang ditawarkan oleh ORI 015 ini adalah sebesar 8,25%. Artinya, lebih besar dari bunga deposito yang ditawarkan oleh rata-rata perbankan BUMN. Kupon dengan tingkat bunga yang diberikan tetap sama sampai pada waktu jatuh tempo. Jadi tidak usah khawatir apabila ada perubahan suku bunga bank dan lain-lain, karena kupon yang diberikan bersifat tetap dan tidak akan terpengaruh pada bagaimanapun kondisi pasar. Kupin sendiri akan dibayarkan setiap tgl 15 setiap bulannya. Jadi, ORI 015 ini sangat cocok untuk masyarakat yang memang mengharapkan income tambahan setiap bulannya dari investasi.

 

3. Pajak yang lebih kecil

Kalau deposito menetapkan pajak sebesar 20%, maka pajak yang dikenakan pada ORI 015 jauh lebih kecil, yaitu sebesar 15%. Hal ini membuat Ori 0015 menjadi pilihan yang lebih menarik, karena bisa memberikan keuntungan yang lebih dari selisih pajak yang dibebankan, yaitu sebesar 5%. Apalagi dengan rata-rata kupon yang dibayarkan juga lebih tinggi dari rata rata bunga deposito, hal ini menjadi plus poin lain yang menarik.

 

4. Penjualan kembali di pasar sekunder yang berpotensi adanya capital gain

Kalaupun pemilik ORI 015 sebelum tanggal jatuh tempo hendak menjual ORI yang dimilikinya, maka akan ada pasar sekunder dan tersier yang akan membelinya. Keberadaan pasar sekunder atau tersier ini bisa ditanyakan langsung ke bank atau Sekuritas tempat Anda membeli ORI di awal. Dan kelebihan dari pasar sekunder atau tersier ini, apabila terdapat permintaan atau demand yang tinggi dari pembeli lain, maka masyarakat akan bisa mendapatkan capital gain, atau harga yang jauh lebih tinggi daripada harga beli. Satu keuntungan lagi yang tidak dimiliki oleh deposito.

 

5. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP)

Berbeda juga dari jenis ORI yang sebelumnya, maka perdagangannya kali ini juga dimudahkan dengan Electronic Trading Platform. Artinya apabila nasabah Sekuritas yaitu nasabah Trimegah dan Bahana Sekuritas, maka ORI bisa dipesan melalui trading platform ini tanpa harus ke mitra distribusi, secara online.

ORI 015 ini akan mulai ditawarkan pada tgl 4-25 Oktober 2018, dengan penjatahan dilakukan pada tgl 29 Oktober 2018, dan penyelesaian tgl 31 Oktober 2018. Tenor atau masa jatuh temponya adalah 3 tahun, sampai pada tgl 15 Oktober 2021, atau lebih pendek dari ORI yang biasa dikeluarkan yaitu 5 tahun. Sehingga ORI sangatlah cocok untuk pilihan instrument investasi jangka pendek, yaitu 1-3 tahun. Live a beautiful life!