Tips Irit di Bulan Puasa Untuk Anak Kos

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie

 

Bulan puasa identik dengan pengeluaran yang juga extra. Jika tidak hati-hati maka uang bulanan tidak akan cukup untuk anak kos, apalagi dengan godaan adanya ajakan buka puasa bersama. Memang bulan puasa juga identik dengan kebersamaan, namun bukan berarti atas dasar kebersamaan maka anak kos malah harus merelakan uang bulanannya habis sebelum waktunya.

Agar uang bulanan bagi anak kos tidak habis tersisa dan malah kurang, berikut tips irit yang bisa dilakukan oleh anak kos di bulan puasa

  1. Berbuka puasa bersama di masjid

Masjid Al-Azhar Pusat, Masjid Istiqlal adalah sedikit dari masjid-masjid di Jakarta yang mengadakan acara berbuka puasa gratis bagi siapapun. Tausiyah, buka bersama, sholat magrib dan sholat tarawih berjamaah juga diadakan.

  1. Kurangi belanja yang tidak perlu

Kesibukan di kantor dan semakin pendeknya waktu antara bekerja, berbuka puasa dan tarawih, membuat banyak keluarga akhirnya memutuskan untuk membeli makan di luar, demi kemudahan. Anda tidak harus membeli makanan iftar, bisa membuat takjil sendiri dan malah membuka peluang usaha dengan berjualan takjil.

  1. Membuat makanan sendiri akan lebih murah daripada membeli

Pengeluaran anak kos sebenarnya sama dari sebelum berpuasa. Namun akan berbeda waktu kalau dahulu dana untuk sarapan, makan siang dan makan malam, sekarang adalah untuk sahur, berbuka dan malan malam. Alokasikan budget makan dengan waktu. Tidak ada salahnya memesan makanan untuk kemudian di simpan dalam kulkas dan nantinya bisa dipanaskan. Dengan demikian, porsi makan bisa tidak dikurangi, walau dana terbatas.

  1. Tentukan prioritas dalam menentukan acara buka bersama

Tidak semua acara buka bersama perlu diikuti, pilihlah acara buka puasa bersama berdasarkan prioritas. Utamakan yang gratis atau yang bisa membuat network pergaulan bertambah, juga membuka peluang dari acara buka puasa bersama yang sebenarnya bermanfaat. Sebaiknya dari uang bulanan yang diterima, tentukan langsung berapa pengeluaran yang dibutuhkan per harinya untuk makan. Dengan demikian, Anda akan tahu berapa sebenarnya budget yang bisa Anda gunakan per kali buka puasa bersama.

  1. Pesan tiket pulang jauh-jauh hari

Mendekati Lebaran, harga tiket pulang akan semakin mahal. Oleh sebab itu pesanlah tiket dari sebelum bulan puasa, agar dapat memperoleh harga yang bersahabat atau manfaatkanlah fasilitas mudik bersama beberapa BUMN dari CSR-nya. Untuk itu Anda harus tanggap dalam melihat peluang, karena banyak sekali perusahaan yang kini menyediakan mudik gratis bagi siapapun yang ingin pulang namun terbatas dana.

 

Live a beautiful life!