Bisnis yang Booming di Bulan Puasa

From the desk of Fioney Sofyan

 

Bulan puasa yang penuh berkah, juga bisa menjadi bulan rezeki untuk Anda yang ingin menambah penghasilan. Meski bisnis yang dijalankan adalah bisnis musiman, namun kesempatan yang datang tetap bisa dipergunakan untuk mengantisipasi membengkaknya pengeluaran.

 

Adapun bisnis-bisnis yang booming selama bulan puasa adalah:

  1. Bisnis makanan

Kesibukan di kantor dan semakin pendeknya waktu antara bekerja, berbuka puasa dan tarawih, membuat banyak keluarga akhirnya memutuskan untuk membeli makan di luar, demi kemudahan. Omset pemilik restoran juga naik berlipat kali, karena selain banyaknya pelanggan yang pesan antar, aktivitas berbuka puasa bersama juga memegang peran penting dalam meningkatnya pendapatan restoran atau mereka yang berbisnis kuliner. Bisnis makanan kotak juga bisa menjadi pilihan yang baik, mengingat banyaknya orang yang mengadakan prosesi pengajian, akan membutuhkan nasi kotak untuk dibagikan ke anak yatim yang mereka undang.

  1. Bisnis makanan buka puasa / takjil

Berbeda dengan bisnis makanan, bisnis makanan berbuka puasa atau takjil memiliki tempatnya tersendiri. Berbagai penjual takjil mendadak banyak bermunculan di sekitar perumahan dan jalan-jalan strategis, agar pengendara yang melintas bisa membeli makanan berbuka. Mulai dari gorengan, es kelapa, bubur candil, es buah adalah sedikit dari berbagai pilihan makanan buka puasa. Tidak perlu dana yang besar dan tempat yang khusus untuk bisa melakukan bisnis ini. Bahkan takjil pun bisa dibeli di tempat lain dan kemudian dijual kembali dengan penambahan keuntungan.

  1. Paket sembako

Bulan puasa juga menjadi bulan penuh hikmah dengan seringnya orang berbagi sembako. Beberapa hypermarket dan pasar tradisional bahkan menawarkan paket sembako untuk bisa dibeli langsung disesuaikan dengan budget atau kebutuhan.

  1. Bisnis Kue kering

Lebaran seringkali identik dengan kue lebaran. Nastar, kastengels, kue putri salju adalah sedikit dari kue-kue yang menjadi kue tradisi lebaran. Bisnis kue lebaran ini juga bisa dijadikan alternative penambahan income. Mulai dari teman dekat, sampai berita dari mulut ke mulut, tentunya akan membuat bisnis kue kering yang dijalani ini bisa sangat menguntungkan. Kalau hal ini tidak bisa dilakukan karena terbatasnya kemampuan, maka berperanlah sebagai reseller yang membantu teman memasarkan kuenya yang enak itu.

  1. Perlengkapan shalat

Keinginan untuk berbagi pada petugas keamanan atau orang-orang yang dekat di sekitar lingkungan tempat tinggal, biasanya dilakukan dengan pemberian sarung. Omset penjualan sarung, sajadah, baju koko, mukena dan hijab meningkat seiring dengan semakin dekatnya Lebaran. Oleh sebab itu peluang seperti ini bisa dijadikan sebagai alternative penambahan income, di bulan puasa ini.

 

Live a beautiful life!