Atur Keuangan Entrepreneur Millenial ala @Adetyaa

 

Mulai bulan Mei ini, ZAP Finance akan memberikan berbagai tips dan trik dari #ZAPFinanceFriends. Spesial untuk bulan Ramadhan, kami akan menjawab bagaimana menyikapi pengeluaran extra bagi seorang entrepreneur. Di bulan Ramadhan, tentunya harus ada kesiapan dan rencana yang matang, agar pengeluaran dibulan tidak melebihi budget yang sudah disiapkan. Situasi keuangan selama bulan Ramadhan sebenarnya sudah bisa diantisipasi, karena merupakan suatu kondisi yang berulang setiap tahunnya. Namun, tantangan berbeda juga kerap dihadapi para pengusaha setiap tahunnya.

 

Kali ini, ZAP Finance mengangkat profil entrepreneur millennial sukses yaitu Adetya Herdini atau yang kerap dikenal @adetyaa, seorang pengusaha catering @TRFHomemade, desainer @blowpopbasic dan calon ibu yang juga sebentar lagi menanti kelahiran bayinya.

 

 

 

 

 

Bagaimana tips untuk keuangan bisnis dari @adetyaa?

  1. Menyambut bulan Ramadhan, apakah yang biasanya Mba Tya lakukan untuk mengatasi membengkaknya pengeluaran rumah tangga?

Untuk menyikapi datangnya bulan Ramadhan yang sudah pasti pengeluaran akan lebih dari biasanya, kami melakukan extra saving (lain dari biasanya) dua bulan sebelum datangnya bulan Ramadhan.

  1. Sebagai seorang entrepreneur, tentunya Mba Tya memiliki penghasilan yang tidak tetap. Dalam mengatasi hal tersebut, apakah yang Mba Tya lakukan agar pengeluaran bulanan tidak terganggu walau penghasilan tidak seperti biasanya?

Untuk fixed cost usaha perbulannya, sudah kami lakukan budgeting terlepas ada atau tidaknya penghasilan seperti bulan-bulan biasa. Dan, sudah pasti juga sebagai penggiat usaha f&b, kami terus inovasi untuk selalu keep up dengan trend tanpa meninggalkan benang merah usaha kami.

  1. Bagaimanakah persiapan Mba Tya dalam menghadapi bulan Ramadhan yang kebetulan bersamaan dan dekat sekali dengan waktu kelahiran? Apakah ada kiat-kiat khusus yang Mba lakukan?

Untuk dari segi usaha khususnya dari divisi catering, kami melakukan boost sale jauh dari beberapa bulan sebelumnya mengantisipasi bulan Ramadhan dan waktu kelahiran bayi saya.

Itu sebabnya, pada bulan puasa, catering tidak menerima pesanan dan kami alihkan untuk ke orderan hantaran yang biasanya berbahan dasar nasi, yang sifatnya seasonal dan bulan yang ramai pembelinya. Persiapan hantaran pun dibantu oleh tim kitchen yang sudah handal.

  1. Pernah kah mengalami masa-masa tersulit dalam menjadi seorang entrepreneur dan bagaimanakah cara Mba Tya mengatasinya?

Masa masa tersulit pada saat toko offline kami harus tutup karena biaya sewa di mall yang semakin naik, jadi harus balik lagi ke sistem online. Namun, ternyata hal tersebut malah membuat kami menjadi lebih fokus dan bisa bekerja sama dengan Gojek.

Catering merupakan best income bagi kami, dan untuk mempertahankan jumlah pelanggan, kami dituntut untuk bersikap konsisten. Memiliki banyak menu variasi dan harus punya konsep yg bagus agar terus menarik juga menjadi salah satu tantangan yang kami hadapi. And it’s challanging!.

Masalah lain yang juga menyita perhatian adalah soal keberadaan SDM yang memiliki dramanya sendiri. Saya yakin teman-teman lain juga mengalami #baladaentrepreneur yang serupa hehe….

  1. Kalau Tya bisa memberikan nasihat keuangan kepada para perempuan entrepreneur, apakah yang ingin disampaikan?

Berdasarkan pengalaman selama ini, ada 3 hal yang menurut saya sangat penting;

  • Kita harus berupaya untuk selalu konsisten dengan usahanya
  • Buka mata telinga akan kemajuan trend dan teknologi , dan dengarkan apa kebutuhan customer.
  • Temukan Unique Selling Point dari usaha kita dan kembangkan dari situ.
  1. Bagaimanakah peran pasangan yaitu Arditto Rahardjo, dalam membantu Tya sebagai partner keuangan?

Kebetulan dalam mengembangkan usaha ini, saya dan suami mempunyai job desk dan peran masing-masing. Biasanya yang bertugas untuk mengatur pos aktivitas pekerjaan bulanan adalah saya. Sedangkan, suami yang mengelola urusan invoice-invoice dengan vendor baik itu pemasukan atau pengeluaran. Manajemen keuangan SDM termasuk gaji pun merupakan tugas suami.