Penipuan Berkedok Arisan Online

From the desk of Prita Hapsari Ghozie

Salah satu bentuk penipuan yang semakin marak saat ini adalah penipuan dalam bentuk arisan online. Baru-baru ini seorang perempuan bernama Desy Chrisna Yulyani membuat arisan online dengan nama Arisan Mama Yona yang disinyalir telah menyebabkan kerugian sampai milyaran rupiah dari nasabah-nasabahnya yang menjadi korban.

 

Kebanyakan korban tergiur dengan janji hasil imbal balik sebesar 50% yang dijanjikan akan dikembalikan hanya dalam waktu 2 minggu sampai 1 bulan. Nah supaya Anda tidak terjebak dalam penipuan yang berkedok arisan, berikut adalah ciri-ciri kalau arisan yang Anda ikuti adalah penipuan.

 

1. Skema arisan berbasis pyramida

Artinya dalam arisan ini, ada ketuanya, atau seseorang yang di atas. Dan orang tersebutlah yang akan menerima keuntungan terbanyak. Padahal dalam arisan konvensional, semua orang akan mendapatkan porsi yang sama, sesuai dengan uang yang dikumpulkan.

 

2. Adanya keuntungan yang menggiurkan.

Keuntungan atau imbal balik yang ditawarkan biasanya berangka fantastis, mulai dari 20% per bulan sampai 50% per bulan. Sebenarnya angka ini adalah angka yang tidak wajar, karena hasil imbal balik dari perbankan yang bisa memberikan angka pasti hanya bisa setingginya 6% per tahun, yaitu berupa bunga deposito. Perlu Anda ingat, tidak ada bisnis apapun yang bisa memberikan hasil yang pasti setiap bulannya, apalagi sampai 50% per bulan.

 

3. Proses rekrutmen anggota

Biasanya arisan yang konvensional adalah arisan antar sesama teman atau orang yang kita kenal. Namun penipuan berkedok arisan ini akan mengharuskan Anda untuk merekrut orang untuk bernaung di bawahnya Anda. Anda sendiri belum tentu kenal secara langsung dengan ketua arisan. Tetapi biasanya akan ada Bandar-bandar arisan yang Anda kenal, sehingga ketua arisan inilah yang akan memanfaatkan bandar-bandar ini untuk merekrut orang terdekat mereka.

 

4. Dipasarkan massif via ponsel dan jejaring sosial

Biasanya berupa broadcast message dari nomor yang tidak dikenal, dengan kalimat sederhana dan janji imbal balik yang menggiurkan. Psikologi pemilik dana di sini mulai dimainkan. Yaitu dengan memberikan hasil yang nyata pada peserta pemula, postingan-postingan testimony, hingga copy rekening bank.

Sebelum Anda menentukan apakah Anda ingin bergabung dalam suatu bentuk arisan, atau investasi, pastikan terlebih dahulu apakah ada barang atau jasa yang diperdagangkan, siapa yang mengelola, apakah ada laporan keuangannya, sehingga Mommies sendiri bisa menganalisa, apakah penawaran yang diajukan wajar atau tidak. Live a beautiful life!