9 Langkah Membuat Anggaran Liburan

From the desk of Prita Hapsari Ghozie

Banyaknya travel fair dan promosi tiket early-bird membuat banyak diantara kita tergoda untuk secara impulsif membeli tiket. Beli tiket murah sekarang, lalu baru memikirkan budget liburan di akhir adalah gaya hidup yang bisa membuat melorot. Meski rencana bepergian baru akan dilakukan 6 bulan lagi, yuk biasakan untuk selalu membuat budget liburan dari sekarang dengan 9 langkah mudah.

 

1. Biasakan mengumpulkan uang sebelum berlibur.

Saya tahu bahwa Anda mungkin akan menggunakan bonus akhir tahun sebagai sumber dana untuk liburan. Tetapi, pastikan jumlahnya tepat, sebelum Anda melakukan pembelian tiket.

 

2. Hitung anggaran untuk transportasi.

Sisihkan sejumlah uang untuk transportasi menuju, selama, dan kembali dari lokasi bepergian. Coba lakukan riset dari situs perjalanan tentang harga-harga tiket pesawat, taksi, dan sewa kendaraan.

 

3. Hitung anggaran untuk akomodasi.

Saat ini, Anda punya banyak pilihan untuk memesan akomodasi seperti hotel, losmen, apartemen, atau villa. Salah satu situs favorit saya adalah booking.com yang bisa memberikan kelonggaran kepada Anda untuk membayar biaya kamar di tanggal check-in. Artinya, jika ternyata Anda harus menggeser tanggal bepergian, belum ada penalty yang dikenakan.

 

4. Masukkan anggaran untuk makan.

Makan selama bepergian termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan tentunya camilan. Hang-out di kafe, mencoba masakan khas setempat, dan lainnya, saat ini termasuk juga dalam agenda liburan. Nah, ini ilustrasinya sama dengan membeli tiket ke taman hiburan.

 

5. Tentukan berapa yang digunakan untuk hiburan.

Apakah trip liburan kali ini termasuk menonton konser, pertunjukan musikal, bermain di taman hiburan seperti water park atau Disneyland? Maka, riset biaya nya dari sekarang dan siapkan dananya terpisah dengan anggaran yang lain.

 

6. Siapkan dana oleh-oleh.

Belanja souvenir dan hadiah untuk keluarga di rumah harus dianggarkan secara terpisah. Pisahkan dana ini dari belanja pribadi dan titipan.

 

7. Siapkan dana darurat.

Anda tidak pernah tahu apakah ada kebutuhan lain yang tidak terpikirkan sebelumnya. Jadi, siapkan dana darurat setidaknya 10% dari anggaran yang telah Anda tetapkan.

 

8. Siapkan kartu kredit.

Percaya atau tidak, untuk urusan travelling, saya sangat menganjurkan Anda untuk membawa 1 kartu kredit. Setidaknya, Anda memerlukan itu untuk deposit di hotel dan urusan darurat lainnya. Pastikan limit kartu kredit telah dibuat sesuai anggaran, dan bawalah kartu kredit yang punya kurs konversi mata uang asing terendah.

 

9. Tulis anggaran ini!

Nah, langkah terakhir adalah menuliskan semua kebutuhan dana yang telah disiapkan diatas. Gunakan aplikasi dari smartphone atau sekedar tuliskan di agenda harian Anda.

 

Enjoy your vacation. Live a Beautiful Life!