Budget Pacaran untuk Valentine

From The Desk Of Fioney Sofyan

 

Valentine seringkali dianggap sebagai momen yang istimewa untuk mereka yang memiliki pasangan atau baru pacaran. Namun tidak bisa dipungkiri kalau pengeluaran yang bisa terjadi dalam melewati hari Valentine dengan pasangan

 

1. Manfaatkan voucher diskon atau fasilitas “Buy One Get One”

Beberapa bank akan memberikan voucher diskon atau potongan harga bagi nasabahnya. Bahkan pembelian makanan dengan mempergunakan digital money seperti OVO, Doku dan lain-lain juga sudah mulai memberikan penawaran yang lebih menguntungkan daripada kalau Anda membayar tunai. Pembelian tiket nonton juga bisa hanya dengan membayar untuk 1 tiket namun bisa mendapatkan 2 tiket. Manfaatkanlah fasilitas sperti ini agar keuangan Anda justru selamat dalam menikmati hari Valentine.

 

 

 

2. Siapa yang membayari apa

Menyadari bahwa keuangan sedang terbatas, buatlah perjanjian akan pengeluaran bersama dalam merayakan hari kasih sayang ini. Siapa yang membayar untuk apa, sehingga pengeluaranpun bisa ditanggung bersama atau diatur berdua agar momen Valentine ini tidak malah menyisakan rasa kesal atau kecewa karena ekspektasi yang besar tidak dibarengi dengan realita.

 

3. Jangan berutang, atau malah mempergunakan kartu kredit untuk pengeluaran tidak perlu

Cinta itu layaknya dibayar kontan, bukan untuk dibagi, apalagi dibayar dengan utang. Jadi jangan sampai juga kamu sudah sibuk berutang demi menyenangkan pasangan tapi kemudian putus. Pasangan sudah hilang, tapi sisa utang berupa tagihan kartu kredit yang belum terbayar lunas akan sangat menyesakkan dan akan menciptakan episode gagal move on yang berkepanjangan. Karena setiap ingin move on, tagihan cicilan kencan terakhir yang belum lunas terbayarkan kemudian datang.

 

4. Ikuti aturan basic financial planning dalam mengatur pengeluaran

Dalam perencanaan keuangan dasar, pastikan bahwa pengeluaran utama lainnya tidak terganggu oleh karena keinginan untuk mengajak kencan. Kalau dalam perencanaan keuangan ada pos-pos keuangan tertentu, maka untuk budget pacaran bisa diambil dari pos keuangan yang memang diperuntukkan untuk hiburan. Jangan diambil dari pos dana darurat ya. Menyenangkan pasangan boleh, namun kalau sampai harus menjebol pos keuangan lain demi kesenangan sesaat bukanlah hal yang bijak.

Jika memang ingin menciptakan momen yang istimewa, tidak ada salahnya juga memang menyediakan dana sejak beberapa bulan ke belakang, dan mulai menyisihkan secara rutin agar tidak menjadi berat.

 

Momen Valentine bukan tentang berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk menjadi berkesan, namun kenangan yang ditinggalkanlah yang akan menjadi berarti. Tidak selalunya harus mahal dan sampai mengeluarkan uang banyak hanya untuk membuat satu hari menjadi special. Namun kreatifitas dan bagaimana cara pasangan diperlakukan akan jauh lebih bermakna daripada makan malam di restoran ternama yang sebenarnya tidak sanggup dilakukan.

 

Live a beautiful life!