Strategi Menyikapi Midnight Sale

From The Desk Of Fioney Sofyan

Akhir tahun 2017 ditutup oleh beberapa mall dengan mengadakan Midnight Sale. Apalagi dengan adanya perayaan natal. Bagi kalian yang juga merayakan natal identik dengan pembelian hadiah dan bertukar kado. Beberapa dari Anda mungkin juga menikmati bonus akhir tahun.

Untuk mencegah uang yang habis akibat Midnight sale yang meggoda, berikut 5 strategi yang bisa Anda pergunakan.

 

1. Pastikan bahwa perut Anda sudah kenyang

Perempuan memiliki kecenderungan untuk emosional ketika lapar, dan hal ini akan membuat Anda tidak mampu berpikir cukup jernih dalam menentukan barang apa yang memang benar-benar butuh dan tidak. Emosi akan memainkan perannya dengan berlebihan, sehingga keputusan yang diambil akan menjadi penyesalan kemudian. Oleh sebab itu, sebelum berbelanja di midnight sale, pastikan Anda sudah malan malam dan memiliki energy yang cukup untuk memilih barang diskonan dengan pikiran yang lebih jernih.

 

2. Lakukan riset terlebih dahulu

Beberapa hari sebelum midnight sale, tentukan di mana barang incaran kamu dan berapa harganya. Agar Anda tidak tertipu oleh barang yang ternyata tidak benar-benar sale, maka riset ini menjadi penting. Beberapa mall memiliki kecenderungan untuk menaikkan harga barang terlebih dahulu sebelum kemudian memasang harga sale yang palsu, sehingga seolah Anda membeli dengan harga murah karena diskon yang besar, padahal ternyata tidak.

Perhatikan juga adalah cacat atai tidak di barang atau benda tersebut, sehingga kejelian Anda dibutuhkan di sini.

 

3. Budgetkan

Acara midnight sale adalah acara annual yang sedikitnya setahun sekali diadakan oleh mall-mall besar. Daripada Anda menghabiskan uang bonus dan gaji serentak, sebaiknya sisihkan dana setiap bulan yang memang sengaja Anda alokasikan untuk budget midnight sale ini. Dengan demikian Anda tidak akan merasa bersalah apabila uang yang Anda pakai untuk membeli suatu barang habis begitu saja, karena memang sudah Anda alokasikan. Malah siapa tahu dengan Anda mengalikasikannya setiap bulan, dana yang berhasil Anda kumpulkan malah jauh lebih besar dan lebih bermanfaat.

 

4. Jangan pernah mempergunakan kartu kredit

Kartu kredit adalah kartu utang. Oleh sebab itu jangan pernah membeli barang-barang Sale atau midnight sale dengan mempergunakan kartu kredit. Selain bunganya besar, penggunakan kartu kredit yang tidak akan bisa memantau pengeluaran Anda, sampai tagihan itu datang. Sehingga kemungkinan untuk melakukan belanja yang berlebihan cenderung terjadi karena penggunaan kartu kredit. Oleh sebab itu tinggalkan kartu kredit di rumah, sebab bunga kartu kredit bisa akan lebih tinggi dan lebih besar dari jumlah diskon yang mungkin didapat.

Jadi jangan pernah berutang demi mendapatkan barang diskonan.

 

5. Pergunakan pakaian yang nyaman dan sepatu sandal.

Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi, karena selain membuat kaki Anda mudah sakit, rasa tidak nyaman akan membuat Anda berbelanja secara kompulsif. Kalau Anda merasa nyaman, otomatis dalam memilih barang diskonan Anda akan mampu berpikir dengan jernih, sehingga Anda tidak akan mudah tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

 

Live a beautiful life!