Resolusi Keuangan Menyambut 2018

From The Desk  of Fioney Sofyan

Tahun 2017 sudah hampir berakhir. Dan menyambut tahun 2018, bagaimanakah kondisi keuangan Anda? Tentu sepanjang tahun 2017 Anda dapat mereflesikan pencapaian Anda dan resolusi keuangan Anda apa saja yang sudah tercapai dan apa saja yang belum. Selain itu, Anda juga harus lebih memahami, apa saja hal yang menjadi kendala, sehingga resolusi keuangan itu tidak tercapai. Nah dengan memahami hal-hal seperti itu, maka di tahun 2018 mendatang Resolusi Keuangan akan lebih bisa terpenuhi.

Untuk Anda yang baru akan mulai melakukan perbaikan keuangan, maka 5 resolusi keuangan yang harus Anda lakukan selama tahun 2018 ini adalah:

1. Benahi Cashflow Anda

Cashflow adalah faktor utama yang akan menjadi penentu apakah keuangan Anda sehat atau tidak. Biasanya seseorang enggan untuk mencatat pengeluaran dan pendapatannya, sehingga memiliki cashflow yang berantakan. Untuk itu hal pertama dan yang paling penting benahi dahulu cashflow Anda. Buatlah pos-pos pengeluaran sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian, pengeluaran apapun sudah Anda alokasikan, sehingga tidak tercampur dengan pengeluaran yang lain, dan alokasi dana bisa lebih tepat penggunaannya.

 

2. Lunasi Utang Konsumtif

Utang kartu kredit, utang-utang lain yang sifatnya konsumtif sebaiknya dilunasi. Utang konsumtif adalah utang yang dibuat untuk kesenangan pribadi sehingga barang atau benda yang dibeli tidak memiliki nilai tambah malah ada pengurangan nilai. Rumah termasuk aset dan investasi sehingga memiliki penambahan nilai. Kendaraan bermotor juga termasuk ke dalam utang konsumtif, keculai dengan kendaraan tersebut malah Anda memiliki penghasilan. Apapaun itu, segala jenis utang yang malah mengurangi nilai, dianggap sebagai utang konsumtif, sebaiknya dilunasi.

 

3. Miliki Asuransi dan Dana Darurat

Meski sudah memiliki BPJS, apabila mampu, milikilah juga asuransi kesehatan diluar BPJS. Apalagi kalau Anda adalah tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa wajib Anda miliki. Selain itu, miliki juga dana darurat. Dana darurat diperlukan untuk mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran tidak terduga, diluar dari pengeluaran rumah tangga, dan tidak dicover oleh asuransi. Misal genteng bocor, kebanjiran, kematian keluarga sehingga Anda ingin memberikan bantuan finansial, dan lain-lain.

Perlu diingat, kartu kredit bukan diperuntukkan sebagai dana darurat. Kartu kredit adalah kartu utang, jadi bijaklah dalam penggunaan kartu kredit dengan tidak mempergunakannya untuk dana darurat.

 

4. Bedakan antara Keinginan dan Kebutuhan

Kenali lebih lanjut antata kebutuhan dan keinginan. Keinginan berkaitan dengan hal pribadi sehingga apabila tidak memilikinyapun sebenarnya Anda tidak apa-apa. Biasanya pada Perempuan keingian terjadi karena tergerak oleh kata “SALE” yang menggoda. Sementara kalau kebutuhan berkaitan dengan belanja rutin bulanan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti makanan, shampoo, sikat gigi dan lain-lain. Namun kebutuhan ini bisa bergeser menjadi keinginan, apabila Anda menambahkan cemilan, atau keharusan makan makanan yang mewah.

Sesuaikan dengan budget atau pendapatan secara wajar, agar Anda terhindar dari pengeluaran berlebihan yang tidak perlu.

 

5. Mulailah Berinvestasi

Inflasi akan selalu menggerus uang yang Anda miliki. dan biasanya kenaikan gaji tidak bisa mengimbangi kenaikan harga-harga barang akibat inflasi. Oleh sebab itu apabila Anda memiliki tujuan keuangan tertentu seperti keinginan untuk kepemilikan rumah, tabungan dana pensiun, tabungan dana pendidikan anak dan lain-lain, maka sebaiknya Anda mulai berinvestasi.

Ada 5 jenis instrumen investasi dan lebih dari 1.000 intrumen investasi yang bisa dibeli dari berbagai tempat. Mulai dari perbankan sampai sekuritas, pegadaian untuk mulai investasi emas, agen peroperti untuk mulai berinvestasi rumah atau apartemen, dan lain-lain.

Sesuaikan profile risiko dengan tujuan keuangan dan dana yang Anda miliki. Untuk menghindari kesalahan, maka sebaiknya konsultasikan rencana keuangan Anda dengan prencana keuangan yang terpercaya, agar resolusi keuangan Anda dapat tercapai dengan baik.

Live a Beautiful Life!