Asuransi Kesehatan Karyawan

From The Desk of  Prita Hapsari Ghozie

Sebagai karyawan, biasanya mendapatkan manfaat asuransi kesehatan adalah hal yang lumrah. Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam hal fasilitas asuransi kesehatan untuk para karyawannya. Apa saja yang sebaiknya Anda perhatikan dan cermati agar mendapatkan manfaat yang sesuai?

 

1. Perhatikan jenis pertanggungan.

Umumnya, asuransi kesehatan karyawan akan memberikan penggantian atas biaya rawat inap dan biaya rawat jalan. Yang termasuk biaya rawat jalan adalah jasa dokter, obat-obatan, dan pemeriksanaan laboratorium. Perhatikan berapa % penggantian yang diberikan oleh perusahaan, agar Anda dapat berobat ke dokter yang sesuai kemampuan finansial.

 

2. Layanan rumah sakit.

Pelajari di fasilitas pelayanan kesehatan mana saja asuransi kesehatan karyawan dapat memberikan penggantian. Apabila pekerjaan Anda mengharuskan banyak dinas keluar kota, perhatikan di rumah sakit mana saja Anda dapat berobat.

 

3. Simpan bukti dan dokumentasi. 

Untuk asuransi kesehatan karyawan dengan sistem kartu atau cash-less, biaya berobat akan langsung dibayarkan oleh pihak asuransi. Namun, untuk asuransi dengan sistem reimbursement, Anda harus membayarkan biaya terlebih dulu dengan dana pribadi, baru kemudian diajukan proses penggantian. Umumnya, untuk proses penggantian, kuitansi dan dokumentasi asli akan diberikan ke perusahaan. Namun, pastikan Anda telah memiliki copy atau salinan atas dokumentasi tersebut.

 

4. Urus penggantian tepat waktu. 

Asuransi kesehatan karyawan biasanya akan diperbaharui setiap tahun. Jangan tunda proses penggantian biaya kesehatan, karena jika terlambat bisa jadi pihak asuransi menolak untuk membayarkan biaya tersebut. 

 

Live a Beautiful Life!