7 Tips untuk Si Hobi Belanja

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie

Merasa gaji setiap bulan sepertinya tidak pernah cukup? Mungkin pos alokasi belanja yang menghabiskan setengah dari gaji Anda. Jika ini masalah yang dihadapi, cobalah ikuti panduan berikut:

 

1. Paling mudah tentu saja, batasi jalan-jalan ke mall dan pusat perbelanjaan atau pun online store. Tidak mungkin terjadi pembelian kan kalau tidak datang ke tempat belanjanya?

 

2. Buatlah daftar belanja untuk keperluan sehari-hari. Disiplinkan diri untuk patuh terhadap daftar yang sudah anda buat.

 

3. Untuk belanja barang fashion, gadget, atau sekedar makan-makan di restaurant mahal, buatlah Wish List lengkap dengan tanggal saat wishing itu muncul. Nah, setelah satu bulan, barulah anda boleh belanja satu wish item. Begitu seterusnya, jadi tanpa sadar anda akan terbiasa untuk hanya belanja satu barang setiap bulannya.

 

4. Kalau anda si Ratu Gesek, baik itu Credit Card atau Debit Card, tinggalkan kartu-kartu plastik itu di rumah. Bawalah hanya sedikit uang tunai untuk membeli keperluan sesuai dengan daftar belanja.

 

5. Milikilah shopping buddy! Dia adalah teman belanja anda yang dapat membantu anda mensortir barang yang memang anda butuhkan dengan barang yang anda inginkan. Seorang teman belanja juga harus dapat jujur mengatakan kalau ternyata bajunya tidak pantas di badan kita, model sepatunya mirip dengan yang kita punya, dan yang terpenting mengingatkan belanja sudah over budget atau tidak.

 

6. Buatlah shopping account! Biasakan untuk selalu menabung sebelum belanja-belanji. Coba anggarkan, berapa jumlah saldo minimum yang harus anda miliki sebelum belanja? Rp500,000? OK, jangan pergi ke mall sebelum saldo shopping account anda mencapai Rp500,000. Rewardnya? Kalau target saldo sudah tercapai, bisa puas belanja tanpa beban dengan menggunakan dana dari shopping account ini!

 

7. Terakhir, ingatlah apa tujuan hidup kita? Mau bisa hidup bahagia sampai masa pensiun nanti? Kalau anda tidak bisa memprediksi masa depan, maka paling tidak anda coba untuk mempersiapkannya. Pikirkanlah rencana-rencana hidup anda dalam jangka menengah dan jangka panjang. Jangan lupa anda tetap perlu menabung dan berinvestasi agar rencana-rencana tersebut dapat terwujud.

 

Live a Beautiful Life!