Asuransi Kendaraan, Perlukah?

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie

Tentunya kita tak asing lagi dengan asuransi kendaraan atau bahkan sudah memiliki dan akrab dengan asuransi tersebut. Namun apakah Anda terpaksa membeli asuransi tersebut atau memang benar-benar butuh dengan produk tersebut? Sadarkah Anda bahwa risiko dalam berkendaraan khususnya di jalan Jakarta sangat besar ? Bisa jadi kecelakaan yang menimpa kita dalam berkendaraan karena kelalaian kita atau kelalaian orang lain.

 

Tahu kah Anda bahwa hanya sebagian kecil yang memiliki asuransi kendaraan merasa butuh akan asuransi kendaraannya. Namun, sebaliknya kebanyakan orang merasa terpaksa membeli asuransi tersebut karena persyaratan pembelian secara kredit. Karena merasa bahwa uang yang mereka bayarkan dari membeli polis asuransi akan hangus ketika tidak terjadi kerugian.

 

Pada dasarnya asuransi adalah meminimalkan risiko yang mungkin akan terjadi dengan mengalihkan kerugian secara keuangan. Asuransi kendaraan adalah sebuah perjanjian mengalihkan risiko kerugian yang mungkin terjadi jika terjadi musibah terhadap kendaraan kita. Konsep tersebutlah yang harus kita pahami dalam berasuransi. Kalau tidak terjadi musibah? Bersyukurlah kalau tidak terjadi musibah terhadap kita, karena kita tidap pernah tahu akan kapan dan dimana musibah akan terjadi pada kita.

 

Dalam dunia perencanaan keuangan, perlindungan terhadap aset yang kita miliki sangatlah perlu. Karena, jika aset berharga yang kita miliki tiba-tiba hilang dan tidak memiliki perlindungan terhadapnya maka akan membuat neraca keuangan kita jatuh. Oleh karena itu, para perencana keuangan sangat menganjurkan kepada setiap kliennya untuk memiliki asuransi.

 

Memilih asuransi kendaraan

Seperti membeli barang di pasar , tentunya kita harus membandingkan barang yang ingin kita beli, mulai membandingkan harga, kualitas dan lain-lain. Begitu pula dengan membeli polis asuransi kendaraan. Kita perlu membandingkan produk yang ditawarkan oleh macam-macam provider yang menawarkan polis.

 

Apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum membeli polis?

Pertama, yang perlu diperhatikan adalah isi polis. Sejauh mana luas cakupan perlindungan yang tercatat dalam polis tersebut. Kedua, track record kemudahan konsumen dalam mengajukan klaim. Bagaimana perusahaan tersebut memberikan pelayanan terhadap konsumen yang melakukan klaim, apakah dipersulita atau dipermudah. Ketiga, jumlah dan kualitas bengkel yang berkerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut, karena agak riskan kalau mendapatkan bengkel yang kurang baik dalam pelayanannya dalam memperbaiki kendaraan kita.

 

Yang terakhir adalah harga polis. Ini yang sering menjadi penentu pengambilan keputusan kita dalam memilih asuransi. Seharusnya keempat hal diatas yang menjadi penentu keputusan kita, bukan hanya harga saja. Karena percuma saja harga polis murah namun isi polis, pelayanan dan bengkel tidak memberikan kepuasan kepada kita.

Semoga bisa membantu Anda dalam menentukan asuransi. Selamat melindungi aset .

 

Live a Beautiful Life !