ORI-14, Alternatif Investasi Sebagai Pengganti Deposito yang Patut Diperhitungkan

Pada tahun 2017 ini, Bank Indonesia telah 2 kali menurunkan acuan suku bunga, menjadi 4.50% pada bulan Agustus 2017 dan 4.25% bulan September 2017. Hal ini dilakukan untuk mendorong semakin bergairahnya keinginan masyarakat untuk berinvestasi dan berwirausaha.

Namun untuk Anda yang hanya ingin menyimpan uang dengan pendapatan tetap, maka ORI-014 bisa menjadi alternative penyimpanan uang dalam jangka waktu singkat.

Apakah ORI – 014 itu?

Obligasi merupakan surat utang jangka pendek-menengah yang dapat dipindahtangankan, yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Dalam hal ini pembeli adalah Anda atau nasabah.

Ketika pemerintah memutuskan untuk mengeluarkan obligasi ini, hal ini dilakukan sebagai usaha pemerintah untuk mendapatkan dana tambahan demi memenuhi target APBN. Dan untuk ORI Seri 014 ini, secara resmi pemerintah menyatakan bahwa penerbitan ORI – 014 ini adalah untuk memenuhi pembangunan infrastruktur, dan penerbitan ORI merupakan salah satu strategi Pemerintah untuk melakukan pendalaman pasar Surat Berharga Negara, dengan memanfaatkan potensi besarnya jumlah penduduk Indonesia.

Apakah keuntungan memiliki ORI -014 ini?

ORI 014 memiliki Kupon senilai 6,4% yang dibayarkan secara bulanan. Nilai kupon ini juga bersifat kupon tetap. Artinya jumlah yang dibayarkan akan terus stabil sampai masa jatuh tempo.

Pajak ORI lebih rendah daripada pajak deposito. Kalau deposito memiliki pajak senilai 20%, maka pajak yang dikenakan pada ORI adalah sebesar 15%, sehingga apabila nilai kupon yang dijanjikan adalah sebesar 6,4% maka setelah dipotong pajak nilai nett yang diterima nasabah adalah sebesar 5,44% , atau dengan kata lain lebih besar 1,19% dari suku bunga acuan Bank Indonesia.

ORI juga masih dapat diperdagangkan di pasar sekunder atau tersier. Jadi bisa Anda perjual belikan kepada orang lain, setelah minimum holding period selama 2 bulan telah dilalui. Biasanya harga ORI yang diperdagangkan pada pasar sekunder dan tersier bisa lebih besar daripada saat harga beli pertama.

Ada proteksi atas nilai pokok. Pada saat jatuh tempo, Anda akan mendapatkan nilai pokok investasi secara utuh. Dan ada kemungkinan untuk mendapatkan apresiasi atau peningkatan nilai pokok bila nasabah menjual Obligasi ini pada saat harga pasar ORI tersebut mengalami kenaikan.

Keuntungan lain yang tidak kalah menarik adalah dengan membeli ORI – 014 artinya Anda juga turut berpartisipasi langsung dalam membangun negara.

Jangka Waktu

ORI – 014 baru akan ditawarkan pada tgl 29 September 2017 – 19 Oktober 2017. Tanggal Setelemen-nya adalah pada tgl 25 Oktober 2017 dan jatuh tempo pada tgl 15 Oktober 2020.

ORI – 014 ini sendiri bisa dimiliki mulai dari Rp. 5 juta sampai sebanyaknya Rp. 3 milyar. Dan kupon pertama akan dibayarkan pada tgl 15 November 2017.

Dimanakah bisa membeli ORI 014 ini?

Pemerintah telah menunjuk 18 institusi perbankan dan 1 sekuritas untuk menjadi Agen penjual ORI 014 ini. Jika Anda ingin memiliki ORI 014 ini, Anda bisa langsung datang ke Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BCA, Permata Bank, Bank Danamon, Maybank, Panin Bank, Bank Standard Chartered, ANZ, DBS, Bank Mega, Citibank, Commonwealth Bank, Bank CIMB Niaga, Bank HSBC, Bank OCBC HSBC dan Trimegah Sekuritas, untuk informasi lebih lanjut.