Cerdas dengan Kartu Kredit

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie

 

Prita Ghozie - Articles

Kartu kredit bisa membawa kebaikan buat kita, asalkan dipergunakan sesuai porsinya. Manfaat utama adalah pengaturan arus kas. Kartu kredit dapat membantu kita melakukan pembelian saat arus kas belum tersedia, yaitu penghasilan bulanan belum diterima. Selain itu, kartu kredit juga dapat membantu untuk mengkonsolidasi pembayaran berbagai tagihan seperti tagihan telepon, listrik, dan lainnya, sehingga kita terhindar dari keterlambatan pembayaran. Coba simak tanya-jawab berikut agar Anda lebih cerdas dengan kartu kredit.

 

Siapa yang pantas memiliki kartu kredit?

Tentu saja anda yang telah memiliki penghasilan rutin setiap bulannya. Namun, anda wajib untuk mengevaluasi berapa % dari penghasilan rutin bulanan yang telah terikat dengan pembayaran hutang untuk kredit lainnya seperti hutang KPR atau KPM.

 

Bagaimana cara cerdas memanfaatkan kartu kredit?

Prinsip utama selalu membayar lunas tagihan kartu kredit anda. Ingatlah bahwa bunga kartu kredit itu bisa mencapai 45% per tahun! Gunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran bukan sumber tambahan dana. Anda harus patuh terhadap batas maksimal limit penggunaan kartu kredit. Selain itu, gunakan kartu kredit untuk mengkonsolidasi tagihan. Dan yang terakhir, jangan lupa gunakan hadiah atau point rewards yang dikumpulkan kartu kredit anda untuk mendapatkan diskon atau voucher belanja, sehingga belanja rutin bulanan anda jadi lebih murah. Asyik bukan?

 

Idealnya, 1 orang memiliki berapa kartu kredit?

Setiap orang idealnya hanya memiliki maksimal dua kartu kredit, dengan catatan yang satu sebagai cadangan. Idealnya, bank menghitung berapa jumlah limit kredit yang anda berhak dapatkan berdasarkan kemampuan finansial. Jadi, kalau anda punya limit kredit sebesar 5 juta, artinya jumlah hutang maksimal yang dapat anda miliki sebesar 5 juta. Bila anda masih terikat hutang lain seperti KPR, maka kurangkan 5 juta dengan angsuran kredit lain tersebut. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke ahli keuangan untuk mengetahui batas kemampuan finansial anda untuk berhutang.

 

Live a Beautiful Life!