Siapkan Pendidikan Anak dengan Investasi

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie

 

Prita Ghozie - Articles

Dana Pendidikan Anak: Mulailah investasi sedini mungkin

 

Biaya pendidikan yang semakin mahal menjadi hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan anak-anaknya. Setiap orang tua pasti menginginkan sekolah yang terbaik bagi sang anak. Sayangnya semua sekolah terbaik saat ini, khususnya di Jakarta, selalu identik dengan biaya pendidikan yang tinggi.

 

Untuk mempersiapkan dana pendidikan ini maka tidak ada cara lain selain mulai berinvestasi. Banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi ini namun karena satu dan lain hal memilih untuk menunda terlebih dahulu. Patut disayangkan karena semakin dini investasi tersebut dimulai maka semakin tinggi potensi imbal hasil yang bisa diperoleh dan semakin rendah jumlah investasi rutin yang harus dilakukan.

 

Lebih jelasnya mari kita lihat sedikit contoh perhitungan investasi rutin untuk mengumpulkan dana pendidikan universitas berikut ini:

  • Investasi rutin sebesar Rp 1 juta per bulan dengan imbal hasil 15% per tahun pada saat anak baru lahir. Investasi ini akan berkembang menjadi Rp 910 juta saat anak berusia 18 tahun. Total investasi: Rp 216 juta.
  • Investasi rutin sebesar Rp 3 juta per bulan dengan imbal hasil 15% per tahun pada saat anak berusia 5 tahun. Investasi ini akan berkembang menjadi Rp 1.24 milyar saat anak berusia 18 tahun. Total investasi: Rp 468 juta.
  • Investasi rutin sebesar Rp 5 juta per bulan dengan imbal hasil 15% per tahun pada saat anak berusia 8 tahun akan berkembang menjadi Rp 1.22 milyar saat anak berusia 18 tahun. Total investasi: Rp 600 juta.

Jelas terlihat bahwa dengan memulai investasi sedini mungkin akan memberikan hasil investasi yang lebih tinggi dengan jumlah investasi rutin yang jauh lebih rendah selama jangka waktu yang diharapkan. Karena itu, segeralah memulai investasi untuk dana pendidikan anak agar dapat mengejar hasil investasi yang lebih optimal.

 

Jadi, tidak perlu takut dengan biaya pendidikan yang naik terus, bukan?

 

Live a Beautiful Life!