5 Langkah Sebelum Berbisnis

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie

 

Prita Ghozie - Articles

Punya niat berbisnis? Anda mungkin tidak sendirian. Simaklah beberapa kiat-kiat berikut agar bisnis impian anda menjadi kenyataan.

  1. Membuat rencana bisnis yang komprehensif. Suka atau tidak, Anda wajib menuangkan ide-ide tersebut dalam sebuah rencana tertulis. Sebuah rencana bisnis akan dapat menjawab pertanyaan penting tentang, Apa yang Anda jual? Siapa pangsa pasar Anda? Bagaimana Anda berencana membuat keuntungan? Siapa tim impian yang bekerja untuk membuat rencana bisnis itu berhasil? Seperti apa proyeksi keuangan bisnis Anda?

Selain itu, rencana bisnis juga merupakan kunci untuk mengakses dana sebagai sumber modal kerja. Rencana bisnis dapat memberi gambaran berapa jumlah modal yang Anda perlukan, apakah perlu untuk meminjam dari Bank, dan bagaimana bisnis Anda dapat membayar hutang modal kerja tersebut.

 

2. Mempersiapkan dana darurat.

Salah satu ketakutan terbesar seorang pegawai kantoran yang beralih menjadi pengusaha adalah resiko tidak mendapatkan penghasilan yang rutin. Oleh karena itu, sebelum mulai usaha, Anda wajib untuk memiliki reservasi dana darurat. Dana ini harus lah disimpan dalam bentuk tabungan biasa atau deposito dengan jumlah minimal 6 kali pengeluaran rutin bulanan.

 

3. Membuat Anggaran Pribadi untuk Pengusaha.

Membuat anggaran pemasukan arus kas setiap bulan dapat menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana anda menentukan berapa penghasilan sebulan? Bila anda bekerja untuk bisnis ini, maka setiap bulannya tentukan gaji yang anda ambil dari usaha. Masukkan gaji ini sebagai bagian dari biaya usaha.

 

4. Pisahkan Keuangan Bisnis vs Pribadi

Keuangan bisnis merupakan hal yang berbeda dengan keuangan pribadi Anda. Saat Anda memutuskan untuk berbisnis, langsung pisahkan keuangan untuk usaha dengan keuangan untuk pribadi. Walau usaha masih dalam taraf kecil-kecilan, anda tetap harus membuat rekening khusus untuk bisnis atas nama pribadi.

 

5. Start Small, Think Big.

Di tahap awal memulai bisnis sendiri, hasil usaha kadang tidak sesuai dengan harapan. Jangan mundur hanya karena Anda takut kehilangan penghasilan rutin yang biasa dinikmati sebagai karyawan. Bisnis yang ideal selalu dimulai dengan hal yang kecil namun didukung oleh rencana yang besar. Semoga kiat-kiat diatas dapat membantu Anda menjadi seorang wirausahawan muda yang memiliki keuangan yang rapi.

 

Semoga bermanfaat.

 

Live a Beautiful Life