Cara Mudah Mengenali Kesehatan Keuangan

From The Desk of Nur Fadhilah

nur-fadhilah-se-cfp

Tahun baru…semangat baru…resolusi baru.

Tentu setiap manusia mengharapkan kehidupan yang lebih baik termasuk dalam hal keuangan. Karena keuangan sehat bisa menimbulkan ketenangan dalam hidup. Jika saat ini keuangan Anda masih kurang sehat, mungkin Anda bisa memasukkannya ke dalam resolusi 2017.

Berikut kriteria yang bisa Anda analisis untuk menilai kesehatan keuangan Anda apakah tergolong sehat atau kurang sehat!

 

1.      Pengeluaran Kurang Dari atau Sama Dengan Pendapatan

Ciri termudah untuk mengenali keuangan Anda kurang sehat jika Anda sering mengalami kekurangan dana. Artinya Anda masih belum dapat mengelola pendapatan Anda lebih baik. Untuk mengatasinya, cobalah untuk membuat budget dan memisahkannya ke dalam amplop atau rekening terpisah segera setelah menerima pendapatan.

 

2.      Berutang Sehat

Meskipun memiliki utang, keuangan Anda tetap bisa sehat apabila sesuai dengan kemampuan keuangan. Kesehatan keuangan dikategorikan sehat jika cicilan utang Anda tidak lebih dari 35% pendapatan rutin. Artinya, batas cicilan utang yang bisa Anda tanggung adalah Rp2 juta jika setiap bulan Anda menerima gaji sebesar Rp6 juta.

 

3.      Dana Darurat Ideal Tersedia

Tidak ada seorang pun yang bisa menebak kapan datangnya musibah di masa depan. Untuk mengantisipasi kebutuhan dana mendadak ketika musibah datang, Anda perlu bersiap dengan dana darurat. Dana darurat ideal yang disarankan berkisar antara 3- 12 bulan pengeluaran bulanan. Artinya, Anda perlu memiliki dana darurat minimal Rp15 juta jika pengeluaran bulanan Anda saat ini Rp5 juta setiap bulan.

 

4.      Komitmen Menabung dan Investasi Ideal

Menabung dan investasi perlu dijalankan secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Kenapa? Karena saat pensiun Anda tidak memperoleh penghasilan, sehingga simpanan tabungan dan investasi menjadi sumber dana untuk memenuhi kebutuhan hidup. Keuangan Anda dikatakan sehat jika bisa menyisihkan setidaknya 10% dari penghasilan bulanan. Jika gaji Anda saat ini Rp6 juta, maka Anda perlu menabung dan berinvestasi minimal Rp600 ribu setiap bulannya.

 

Bagaimana kondisi kesehatan keuangan Anda? Apakah sudah memenuhi seluruh kriteria diatas? Jika sudah, “Selamat” berarti keuangan Anda sudah sehat. Jika belum, masukkan target “Mencapai Keuangan Sehat” ke dalam Resolusi 2017 dan teruslah bersemangat untuk mewujudkannya.

 

Live a beautiful life!