Tips Memilih Asuransi Kendaraan

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie

Prita Ghozie - Articles

 

Baru membeli kendaraan? Jangan lupa untuk melindunginya dengan asuransi kendaraan yang baik. Berikut ini adalah beberapa poin pertimbangan dalam memilih asuransi kendaraan.

1. Perusahaan asuransi

Anda membeli sebuah perlindungan. Itu sebabnya, saat yang tepat untuk menilai reputasi sebuah perusahaan asuransi adalah saat pengajuan klaim asuransi. Coba tanyakan pengalaman kerabat yang mungkin memiliki polis asuransi kendaraan di sebuah perusahaan asuransi dan bandingkan setidaknya dua perusahaan asuransi.

2. Jaringan bengkel rekanan

Tujuan utama adalah membuat kendaraan kembali dapat digunakan dengan baik setelah terjadi kecelakaan kecil mau pun besar. Tidak selamanya perusahaan asuransi mau melakukan perbaikan di bengkel resmi merek kendaraan Anda. Kerap kali pekerjaan dilakukan di bengkel lain. Perhatikan juga apakah bengkel rekanan tersedia di kota tempat tinggal Anda.

3. Cakupan perlindungan

Secara umum, asuransi kendaraan memiliki dua jenis yaitu Total-Loss dan Comprehensive. Pahami juga bahwa perlindungan terhadap banjir, huru-hara, dan lainnya termasuk perlindungan perluasan sehingga premi tambahan harus dibayarkan. Polis asuransi yang membolehkan Anda memilih perluasan jaminan tanpa harus dijadikan satu paket menjadi poin plus.

4. Kemudahan klain

Intisari membeli polis asuransi kendaraan adalah kemudahan saat ingin klaim. Perusahaan asuransi yang memiliki banyak cabang dan memiliki call-center tentu saja akan lebih memudahkan nasabah untuk melakukan klaim mau pun menjawab pertanyaan. Selain itu, bandingkan juga nilai premi dengan nilai pertanggungan sendiri yang harus Anda bayarkan setiap kejadian. Ada polis asuransi tertentu yang memiliki nilai premi rendah, namun nilai pertanggungan sendiri yang harus dibayarkan lebih tinggi setiap kejadiannya. Saat ini, rata-rata nilai pertanggungan sendiri sebesar Rp200.000-500.000.

5. Layanan untuk nasabah

Perhatikan layanan yang diberikan perusahaan asuransi seperti layanan pengaduan 24 jam, mobil derek, mobil pengganti, dan lainnya. Semakin banyak layanan yang diberikan tentu saja poin plus yang dapat dimasukkan kedalam pertimbangan pemilihan asuransi kendaraan.

 

Live a Beautiful Life!