Tips Hemat Buka Puasa Bersama selama Ramadhan

From The Desk of Nur Fadhilah

 

Se1435552069396bentar lagi, bulan puasa akan segera tiba. Banyak tradisi unik yang muncul pada momen tersebut, salah satunya tradisi buka puasa bersama. Tradisi buka puasa bersama sering dimanfaatkan sebagai ajang berkumpul untuk mempererat tali silaturahmi. Tidak mengherankan apabila tradisi ini dirayakan oleh banyak pihak, tidak hanya umat muslim. Sehingga kita sering mendapatkan undangan buka bersama dari berbagai pihak seperti kolega kerja, teman kuliah, teman SD- SMA, teman arisan dan keluarga. Banyaknya undangan untuk berbuka puasa bersama bisa menjadi salah satu faktor penyebab membengkaknya pengeluaran pada momen puasa. Yuk ikuti 3 tips sederhana untuk menghemat dana buka puasa bersama!

 

  1. Pertimbangkan Buka Puasa Bersama di Rumah

Apabila Anda berencana untuk mengundang teman- teman ke acara buka puasa bersama, coba pertimbangkan untuk melaksanakan acara tersebut di rumah. Dengan melakukan acara di rumah, Anda bisa memasak sendiri makanan yang akan disajikan kepada teman- teman. Tentu saja biaya memasak sendiri akan jauh lebih murah dibandingkan membeli makanan siap saji dari rumah makan. Selain itu, Anda bisa sambil memamerkan kemampuan masak Anda kepada teman- teman. Siapa tahu, hal ini bisa membuka peluang bisnis di bidang kuliner.

 

  1. Pertimbangkan Buka Puasa Bersama dengan Patungan Makanan

Coba usulkan konsep patungan makanan pada acara buka puasa bersama. Opsi ini bisa menjadi pilihan yang murah dan mudah karena beban persiapan hidangan buka menjadi tanggung jawab para anggota komunitas.

 

  1. Pertimbangkan untuk Membawa Minuman Sendiri

Minuman di rumah makan atau restoran biasanya memiliki harga yang cukup mahal sehingga Anda bisa mengurangi anggaran buka puasa bersama dengan membawa minuman sendiri. Agar tidak monoton dengan hanya meminum air putih, Anda bisa membawa minuman yang telah dicampur dengan buah- buahan (infused water) seperti strawberry, lemon dan nanas. Selain menyegarkan, minuman ini juga memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh.

 

Selamat menyambut bulan puasa. Live a beautiful life!