Tips Pengelolaan Finansial dalam Menyambut Sang Buah Hati selama Masa Kehamilan

From The Desk of Nur Fadhilah

1435552069396Kehamilan merupakan salah satu berita gembira yang sering dinantikan pasangan suami- istri dalam berumah tangga. Antusias kegembiraan dalam menyambut kehadiran sang buah hati seringkali kali membuat lalai pasangan suami- istri atas tambahan tanggung jawab yang harus diemban. Anak merupakan ciptaan Tuhan yang dititipkan kepada sepasang manusia untuk dirawat dan dijaga dengan sebaik mungkin. Sehingga pasangan suami- istri harus segera belajar untuk mempersiapkan sang buah hati baik dari segi kesiapan emosional menjadi orang tua, kesiapan ilmu untuk membesarkan anak serta kesiapan finansial untuk menafkahi anak.

 
Tanpa disadari, kehadiran sang buah hati di dunia membutuhkan kesiapan finansial yang tidak sedikit. Kebutuhan finansial tersebut bahkan telah dimulai sejak diketahuinya kehamilan sang buah hati di dalam kandungan ibunda misalnya dengan memeriksakan janin ke dokter spesialis kandungan. Setelah itu, tentunya kebutuhan finansial bagi sang buah hati akan terus mengalir seperti kebutuhan dana vitamin dan suplemen ibu hamil, dana periksa secara berkala dan dana kebutuhan baju hamil.

 

Untuk itu, pasangan suami- istri diharapkan mempersiapkan dana kebutuhan sang buah hati jauh- jauh hari. Jangan sampai buah hati Anda mengalami kesulitan yang diakibatkan oleh masalah finansial. Hal utama yang perlu diperhatikan orang tua adalah segera mengatur ulang pengelolaan keuangan rumah tangga setelah mengetahui kepastian berita kehamilan. Selanjutnya, sisihkan sebagian penghasilan yang diperoleh untuk alokasi anak. Dana tersebut bisa dipisahkan di rekening terpisah agar tidak bercampur dengan alokasi pengeluaran lain. Selanjutnya, cari tahu informasi kebutuhan selama masa kehamilan. Informasi ini akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran atas alokasi- alokasi yang tidak diperlukan karena isu atau mitos yang tidak jelas kebenarannya. Dan terakhir siapkan dana darurat untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak terduga

 

Selamat mengatur keuangan dan selamat atas kehadiran sang buah hati ya, Ayah dan Bunda! Live A Beautiful Life 🙂