Rencanakan Keuangan untuk Berkurban

From The Desk of Prita Hapsari Ghozie
Prita Ghozie - Articles

 

Setiap tahunnya, selain Idul Fitri, umat Muslim di belahan dunia mana pun juga akan merayakan Idul Adha. Pada momen ini, ada suatu kegiatan spesial yaitu berkurban. Untuk melaksanaan kegiatan Kurban, mak seseorang harus memiliki hewan sembelihan yang terdiri onta, sapi, kambing pada hari raya Idul Adha sampai 3 hari setelahnya.

 

Betul bahwa berkurban itu adalah untuk yang mampu. Jika Anda merasa termasuk tidak mampu, tapi sanggup untuk punya dua gadget seperti handphone dan tablet, maka coba pikir ulang ke”tidakmampuan” Anda. Nah, bagaimana caranya supaya Anda yang berpenghasilan menjadi mampu untuk berkurban? Ikuti tips berikut ini.

 

1. Tentukan jenis hewan yang Anda pilih untuk berkurban. Sebagai ilustrasi, tahun 2013 ini seekor kambing ada yang dijual dengan harga Rp. 2.5 juta atau seekor sapi yang dijual dengan harga Rp. 17 juta.

 

2. Untuk Kurban tahun ini, gunakan dana sisa dari bonus atau THR lebaran tahun ini. Alternatifnya, bisa juga menggunakan setengah dari dana darurat dan setengah dari gaji bulan ini.

 

3. Untuk persiapan Kurban tahun depan, Anda harus menghitung kenaikan harga hewan yang berkisar 10%. Misalkan Anda berniat membeli seekor kambing yang saat ini harganya Rp. 2.5 juta. Maka, dengan inflasi 10%, tahun depan dana yang dibutuhkan menjadi Rp. 2.75 juta.

 

4. Siapkan dana untuk Kurban tahun depan. Anda bisa siapkan dengan tiga alternatif berikut ini;
• Menabung selama 12 bulan: Rp. 2.75 juta dibagi 12 bulan yaitu Rp. 230 ribu per bulan.
• Menggunakan dana bonus: langsung menyisihkan Rp. 2.75 juta dari penghasilan diluar gaji.
• Kombinasi: tentukan berapa besar dana yang Anda ambil dari bonus, misalkan Rp. 1 juta. Maka, sisanya Anda lakukan dengan menabung yaitu Rp. 145 ribu per bulan.

 

Jadi, sudah siapkah untuk berkurban? Live a beautiful life!